Dengan Upaya Yang Dilakukan, Plh Wali Kota Bandung OPtimis Penanganan Sampah Bisa Ditangani

Kota Bandung55366 Views

Bandungkita.id, KOTA BANDUNG – Penanganan sampah di kota bandung terus di tingkatkan, hingga saat ini terjadi peningkatan ritase pengangutan sampah ke TPA sarimukti.

Pelaksana Harian (Plh) Walikota Bandung Ema Sumarna mengatakan, Sejumlah upaya telah dilakukan dan edukasi terhadap masayarat terus digulirkan.

Bahkan Ema menyebut, penanganan sampah di Kota Bandung menunjukan trend positif dimana telah terjadi peningkatan ritase.

“Saat ini ritasenya sudah 168 dari normalnya 220. Kalau beberapa waktu lalu sempat drop sampai 50 persen, mungkin 100 ritase,” ujar Ema dilansir dari laman Pemkot Bandung, Selasa (16/5/2023).

Baca Juga :

KPK Cegah Sekda Kota Bandung Bepergian Keluar Negeri, Ada Apa?

Jelang Laga Puncak SEA Games 2023, Beckam; Kami Tak Akan Gentar

Berbenah, Seluruh Integrasi Sistem di Kota Bandung Wajib Menggunakan SPLP

Pun Ema menjelaskan beberapa strategi yang dilakukan Pemkot Bandung dalam pengelolaan sampah, diantaranya substitusi TPS, serta edukasi ke masyarakat sebagai upaya jangka panjang.

“Seperti saat ini kami meninjau beberapa titik TPS. Saya pikir ini bisa dilakukan substitusi. Volume kecilnya bisa diangkut ke TPA sementara Cicabe, volume besar tetap diangkut ke TPA Sarimukti,” ujarnya.

Dengan berjalannya upaya yang telah dilakukan, Ema optimis penanganan sampah di Kota Bandung dapat teratasi.

“Bukan persoalan mudah, tapi, spirit transformasi ini harus terus ditularkan ke masyarakat. Lewat RW. Nanti RW secara berjenjang bisa menyampaikan kepada RT, lalu kepada kepala keluarga,” Pungkasnya.