Pemprov Jabar Kantongi Nama 6 Pj Bupati dan Wali Kota, Mayoritas Sekda Diusulkan

JabarKita36760 Views

Bandungkita.id, JABARKITA – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat telah mengantongi beberapa nama Penjabat (Pj) pengganti enam kepala daerah bupati dan wali kota yang masa kepemimpinannya akan berakhir pada September 2023.

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Provinsi Jawa Barat, Dedi Supandi mengatakan, nama Pj enam bupati dan wali kota di Jabar ini nantinya diserahkan pada Gubernur Jabar, dan terakhir diberikan ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

“Jadi ada enam daerah. Ini akan ada Pj baru, beberapa aspirasi sudah masuk dari DPRD kabupaten dan kota terutama,” ujar Dedi dikutip Kamis (6/7/2023).

Baca Juga:

Hengky Kurniawan Lantik Ade Zakir Sebagai Sekda KBB

Sekda KBB Ade Zakir Diminta Tiru Mental Valentino Rossi

KPK Cegah Sekda Kota Bandung Bepergian Keluar Negeri, Ada Apa?

Pemprov Jabar telah memegang beberapa ada, mayoritas yang mengusulkan nama Sekda masing-masing daerah. Adapun enam daerah yang akan diisi oleh Pj ini yakni Kota Bandung, Kota Bekasi, Kota Sukabumi, Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Purwakarta dan Sumedang,

“Ada dari Sekda kabupaten dan kota sudah masuk sebagai aspirasi dan, Insyaallah akan disampaikan pada pimpinan (gubernur) untuk diusulkan tiga besar ke pemerintah pusat,” sahutnya.

Namun Dedi tak mengungkapkan nama-nama yang sudah diusulkan menjadi Pj dari DPRD masing-masing daerah. Akan tetapi, Dia memastikan ada beberapa nama dari kalangan pejabat Pemprov Jabar yang nantinya akan diusulkan.

“Pejabat Pemprov ada. Dari enam kabupaten dan kota yang diusulkan ini ada pejabat Pemprov ada sekda kabupaten dan kota yang akan diusulkan,” tandasnya.

Selain Pj enam daerah di Jabar, Jabatan Gubernur Ridwan Kamil juga akan habis pada 5 September 2023. Dedi memastikan untuk nama usulan Pj Gubernur sendiri belum diketahui. Sebab, usulan tanggungjawab dari DPRD Jabar.

“Kalau gubernur masih di DPRD provinsi, ini saya bahas kabupaten dan kota nanti ada enam daerah yang harus diisi oleh Pj dalam September 2023,” kata dia.

Kepala daerah yang akan berakhir masa jabatannya di Jabar ada tujuh, termasuk jabatan Gubernur Ridwan Kamil. Berikut daftar lengkapnya:

Selasa 5 September 2023:
-Gubernur Jawa Barat
Rabu 20 September 2023:
-Kota Bekasi
-Kota Bandung
-Kota Sukabumi
-Kabupaten Bandung Barat
-Kabupaten Sumedang
-Kabupaten Purwakarta