Waduh.. Intro Lagu “Not You”Alan Walker Jiplak Musisi Asal Bandung? Ini Reaksi Manji!

Musik, NewsKita, Peristiwa53268 Views

Bandungkita.id, MUSIK – Baraya pasti mengenal Lagu “Not You” dari Alan Walker, lagu ini menceritakan tentang seseorang yang mencoba untuk mengatasi perasaan cinta yang tak berbalas. Dia sudah mencoba mencintai orang lain, tapi tetap saja orang tersebut bukan orang yang benar-benar dia inginkan.

Lagu yang dirilis pada tanggal 3 Desember 2021 dan diunggah di chanel Youtobe ini telah ditonton sebanyak 39 juta kali, 476 suka dan 11.205 komentar.

Namun, dibalik kesuksesan lagu tersebut, ada kegelisahan seorang Musisi asal Bandung yang merasa Lagu Not You milik Alan walker adalah karya plagiat atas karyanya.

Yoki Iskandar, Pria asal Kota santri Cililin Bandung Barat Ini, mengaku memiliki nada intro yang identik sama dengan Nada vocal dalam lagu Not you Alan Walker.

“Saya menduga kuat, karya saya yang berjudul Dj TIKTOK VIRAL PERCAYALAH (official) Maya iskandar yang saya unggah di Chanel Youtobe yoki isk telah menginfluense dan diambil oleh Alan Walker” Ungkap Yoki kepada Bandungkita Selasa 22/08/2023.

Menurut Oki, Sapaan Ayah dari Tiga anak ini, Dugaan plagiat tersebut jelas oki perlihatkan pada perbedaan linimasa pengunggahan kedua lagu tersebut. Oki pun menunjukan bukti pengunggahan karyanya dikanal youtobe miliknya, terlihat disamping kiri bawah Video tertera jumlah penonton dan tulisan pewaktuan 31 Jul 2021, yang diyakini oki sebagai tanggal pengunggahan.

Dj TIKTOK VIRAL PERCAYALAH (official) Maya iskandar

“Dari pengunggahannya saja bisa kita lihat, nada yang saya maksudkan sama dengan lagu Not You milik Alan Walker telah saya unggahl ebih dulu melalui karya saya” tegasnya sambil menunjukan waktu pengunggahan di chanel Youtobe.

Lebih jauh, Musisi berparas ganteng ini dengan santai menunjukan pewaktuan yang sama dimiliki chanel youtobe Alan Walker, pada lagu Not You tertera tulisan Telah tayang perdana pada 3 Des 2022.

Alan Walker x Emma Steinbakken – Not You (Live Performance)

Lalu, dimana letak kemiripan atau dugaan plagiat yang dituduhkan Yoki terhadap Alan Walker pada lagu Not You?

Redaksi Bandungkita pun menelisik dan mempelajari kedua lagu masing-masing, dengan melihat durasi lagu, nada dan lyrik lagu.

Lagu Not you berdurasi 3;01 detik, memiliki intro sepanjang 13 detik, kesamaan nada tyerdengan pada detik ke 14, saat nada Vocal masuk dengan lyric “Live my life” sampai in my mind where I make up stories all the time, Bagian Lagu atau Bar pertama memiliki tone atau nada yang sama dengan karya yoki pada bagian intro lagunya, bahkan Oki menyebut nada tersebut di ulang sbanyak 8 kali pada lagu Not you oleh Alan Walker.

Dalam kesempatan tersebut Yoki pun bersyukur telah mendapatkan support dan arahan dari beberapa pihak yang menurutnya kompeten.

Diantaranya yaitu Anji Manji (mantan Vokalis Drive) dan Kadri Mohamad, Praktisi Hukum/ Advocat.

Tangkapan Video yang dilampirkan Yoki sebagai dasar analisa dugaan plagiat (Dok.Yoki)

Selain pendapat hukum yang diterima oleh Yoki, Dukungan manji disebut Yoki menguatkan keyakinan dugaan plagiat,melalui unggahan instagram Anji Manji, Yoki memberanikan diri bertanya lewat kolom komentar status Anji.

“Alhamdulilah saya mendapat respon dari Musisi yang saya juga kagumi, Anji (Mantan Vokalis Drive dan Pencipta lagu2 HIT Indonesia) merespon kegelisahan saya, singkat tapi menguatkan” ungkap Yoki menutup percakapan kami sambil menunjukan percakapan instagram bersama Manji di kolom komentar instagram duniamanji.

Tertera dalam kolom jawaban Manji menjawab pertanyaan Yoki agar segera menyiapkan bukti tentang karya yang dibuat. “Asal ada bukti bahwa kamu yang membuatnya, Siapkan saja”. tulis musisi yang aktiv menyuararakan hak para pencipta lagu dan kerap hadir menjadi host di acara podcastnya.

bagaimana upaya yang akan dilakukan yoki? apa tanggapan Alan Walker? kita berharap saja yang terbaik bagi mereka yang secara aktiv melahirkan kreativitas. (Dhomz)

Comment