Peresmian Kereta Cepat Jakarta Bandung Batal Hari Ini

JabarKita35874 Views

Bandungkita.id, Jabarkita – Penjabat atau Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin mengumumkan kabar tidak mengenakan mengenai peresmian Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang rencana dioperasikan pada hari ini, Jumat (8/9/2023).

Bey mengatakan, berdasarkan koordinasi dengan pemerintah pusat yang dilakukan kemarin, peresmian KCJB belum bisa dilakukan besok, dan akan diundur dalam waktu dekat.

“(KCJB diresmikan besok?) Belum. KCIC akan segera di launching dalam beberapa minggu ini. sekarang masih terus di uji coba agar semuanya dapat berjalan dengan baik,” ujar Bey.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan, Presiden Joko “Jokowi” Widodo akan meresmikan KCJB pada Jumat, 8 September 2023. Sebelum peresmian, beberapa uji coba akan dilakukan.

“KCIC enggak ada masalah. Presiden naik pertama kali tanggal 8 (September). Saya dan Pak Gubernur (Ridwan Kamil) tanggal 6. Kami akan coba dari Jakarta ke Bandung,” ujar Luhut di Gedung Sate, Selasa (29/8/2023).

Setelah diresmikan, sambung Luhut, KCJB akan langsung melayani masyarakat secara gratis selama satu bulan penuh. Hal-hal itu dilakukan berdasarkan janji Presiden Jokowi yang telah disampaikan beberapa kali dalam uji coba lintasan, beberapa waktu kemarin.

“Karena percobaan satu bulan jadi dikasih masih gratis. Kalau LRT kemarin diberikan Rp5.000 tapi secara bertahap jumlahnya juga dan jaraknya dari 8 menit ke 4 menit, sehingga nanti masalah penggunaan mobil ke jakarta kita harap akan berkurang,” katanya.

Lebih lanjut, Luhut mengatakan, proyek KCJB ini tengah dimatangkan lebih lanjut agar mampu menembus sampai Surabaya, Jawa Timur. Jadi nantinya, pemerintah selanjutnya dapat melanjutkan program ini guna mengintegrasi transportasi publik di pulau Jawa.

“Kita sedang buat studi untuk pemerintah yang akan datang, meneruskan sampai Surabaya. Kenapa? Karena dari hasil studi, Jawa jadi kota pulau. Transportasi cepat sangat dibutuhkan,” ungkapnya.

Comment