Dua Pekan Berlalu, Api di TPA Sarimukti Belum Padam

Bandungkita.id, KBB – Peristiwa Kebakaran Tempat Pembuangan (TPA) sampah Sarimukti masih berlangsung. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat belum bisa memadamkan kobaran api yang diduga terjadi karena puntung rokok ini.

Pj Gubernur Jawa Barat, Bey Triadi Machmudin mengatakan, kobaran api di TPA sampah Sarimukti masih belum padam total. Namun dia mengklaim penanganan kebakaran ini sudah mengalami kemajuan.

“Ini sudah ada kemajuan, memang api sudah 50 persen padam dan juga di daerah sudah mulai melakukan pengurangan sampah karena sampah ini tidak harus oleh provinsi,” ujar Bey.

Bey menuturkan, dalam waktu dekat Pemprov Jabar akan membuka beberapa tempat baru di beberapa zona untuk menampung sementara sampah dari Bandung Raya. Namun hal itu masih dalam kajian.

“Sedang menunggu assessments ITB. Jadi kalau dalam dua hari ini sudah ada assessments dari ITB dan disetujui, itu akan segera dibuka,” sahutnya.

Sementara itu Kepala Dinas lingkungan Hidup (DLH) Provinsi Jawa Barat, Prima Mayaningtyas membenarkan, jika kobaran api masih belum padam sepenuhnya. Namun beberapa titik api sudah ada yang dipadamkan sepenuhnya.

“Api masih ada sedikit di (zona) 2 – 4. Jadi masih ada 50 persenan. Jadi di atasnya padam tapi dibawahnya masih ada,” ujar Prima.

Prima menambahkan, penanganan titik api yang sudah padam dilakukan dengan pengurgan tanah, agar gas dari tumpukan sampah tidak memicu dampak lainnya. Pengerjaan juga dibantu dari unsur TNI yang kini berada di TPA Sarimukti.

“Kami dengan TNI Sudah mengerhakan beberapa truk untuk mengambil sedimen yang ada di citarum dan beberapa tanah untuk menutup sampah itu supaya gas nya itu bisa ditahan,” katanya.

Comment