oleh

Donggalah, Nama Bayi Harimau yang Lahir di Bandung Zoo. Begini Alasan Walikota

 

BandungKita.id – Wali Kota Bandung, Oded M Danial memberi nama harimau benggala yang lahir di Bandung Zoo dengan nama Donggalah. Donggalah merupakan harimau betina yang lahir pada 22 Agustus 2018 lalu.

Hal itu disampaikan Oded saat berkunjung ke Kebun Binatang Bandung, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Kamis (4/10).

Oded mengaku dirinya diminta untuk memberi nama bayi harimau. Tak tanggung-tanggung, nama yang diberikan Oded cukup monumental karena mengingatkan kepada peristiwa gempa dan tsunami yang terjadi di Palu dan Donggala.

“Saya teringat peristiwa gempa-tsumani di Donggala Sulawesi Tengah. Jadi saya terpikir nama Donggala. Namun karena ini betina maka saya tambahkan ‘H’ menjadi Donggalah. Nama ini juga saya sandarkan untuk peristiwa gempa di Donggala. Di masa akan datang, nama itu juga menjadi pengingat ada peristiwa gempa Donggala,” ujar Oded.

WAJIB BACA : Video Mesum Mahasiswa UIN Beredar, Pelaku dan Perekam Terancam Drop Out

Oded sangat berharap, para keeper Zoo Bandung dapat merawat Donggalah dengan baik. Terlebih Donggalah merupakan harimau betina. Sehingga suatu saat nanti bisa memiiki keturunan.

Tak hanya Donggalah, Oded juga meminta kepada pengelola Bandung Zoo agar terus memelihara koleksi binatang lainnya. Pasalnya, masyarakat Kota Bandung dan sekitarnya masih sangat mengharapkan kehadiran Bandung Zoo.

“Jaga dan pelihara terus kebun binatang ini. Bagi warga yang berkunjung, saya juga minta agar mentaati aturan yang ada. Jangan sampai peristiwa yang lalu-lalu terjadi kembali. Tidak boleh ada yang menyakiti binatang,” pinta Oded.

BACA JUGA : Walikota Bandung Sebut Ada Bahaya Komunis, Anak Muda Diminta Lakukan Ini

Perlu diketahui, Donggalah adalah harimau asal India. Benggala ini lahir dari jantan Sharu Khan dan betina Syla. Ia lahir dari bersama dengan satu ekor lainnya. Namun hanya satu ekor yang selamat karena satu ekor dimakan induknya pada saat lahir.

Donggalah Lahir menjelang subuh pada Kamis 22 Agustus 2018. Saat lahir beratnya kurang dari satu kilogram. Diambil dari induknya kemudia dirawat bagian nursery untuk disusui dan dihangatkan sesuai kebutuhan.

Berkat ketelatenan para “keeper”, kini Donggalah sudah bisa berjalan. Kedua induk ini juga melahirkan dua ekor benggala tahun lalu. Dan kini kedua anaknya sudah mencapai satu tahun lebih. (BKI/BandungKita.id)

Komentar