by

Relokasi PKL Cicadas Masih Jadi PR Pemkot Bandung

BandungKita.id, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung masih kesulitan untuk memindahkan atau merelokasi para pedagang kaki lima (PKL) di kawasan Cicadas. Hingga bergantinya kepemimpinan dari Ridwan Kamil ke Oded M. Danial, proses relokasi ratusan PKL Cicadas pun masih menjadi angan-angan Pemkot Bandung.

Saat pemerintahan Kota Bandung dipimpin Ridwan Kamil, para PKL Cicadas berjumlah 752 lapak itu akan direlokasi dengan membangun skywalk membentang di atas Jalan Cikutra.

Namun justru konsep tersebut tak akan digunakan Pemkot Bandung dibawah kepemimpinan Oded M. Danial-Yana Mulyana. Relokasi akan tetap dilakukan, namun masih mencari tempat yang bisa menampung ratusan PKL Cicadas.

“Saya sih berpendapat skywalk itu bukan solusi. Para PKL ini akan tetap direlokasi dan Pemkot sedang mencari lahan untuk dibeli,” kata Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana saat meninjau langsung kondisi PKL Cicadas.

BACA JUGA :

Yana menilai, relokasi dengan konsep skywalk dinilai tidak akan sesuai. Pasalnya Yana menganggap skywalk digunakan untuk pejalan kaki atau area pedestrian bukan tempat berjualan.

“Skywalk itu kan untuk jalan kaki, pedestrian. Jadi menurut saya tidak tepat,” lanjut Yana.

Kini diakui Yana, Pemkot Bandung tengah membidik beberapa tempat sebagai pilihan untuk relokasi para PKL Cicadas.

“Ada beberapa tempat yang menjadi opsi. Sekarang masih proses,” tutur Yana tanpa menyebutkan tempat yang ia maksud.

Sementara itu kini Pemkot Bandung lebih memilih untuk menata para PKL Cicadas yang berjualan diatas agar lebih rapi dan bersih. Padahal keberadaan PKL tersebut telah menyalahi aturan yang tertuang dalam Perda Nomor 11 Tahun 2005 tentang Ketertiban, Kebersihan, dan Keindahan (K3).

“Sekarang kita tata dulu agar lebih bersih dan rapih sambil menunggu proses relokasi,” pungkas Yana.

Comment