Jalur Utama Bandung-Cimahi Terputus Total di Cilember, Banyak Sepeda Motor Terjebak : Ini Penyebabnya

Cimahi, Terbaru2555 Views

BandungKita.id, CIMAHI – Hujan deras yang mengguyur Kota Cimahi, Minggu (11/11) sejak minggu siang membuat sejumlah kawasan di Cimahi kembali terendam banjir.

Berdasarkan laporan petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Cimahi, hujan deras yang terjadi sejak pukul 16.30 membuat Sungai Ciputri, meluap.

Luapan air berwarna coklat yang turut membawa berbagai jenis sampah mengalir dengan deras dan tumpah ke jalan raya hingga mengangkat lapisan aspal Jalan Mahar Martanegara yang beberapa hari sebelumnya mengalami kejadian serupa.

Banjir juga melanda Jalan Cilember, sebelum Flyover Cimindi, yang membuat arus lalulintas macet total. Banyak sepeda motor yang terjebak banjir sehingga mati dan tak bisa jalan. Kondisi tersebut seakan mengisolir Kota Cimahi karena jalur penghubung utama Cimahi-Kota Bandung terputus.

Menurut Kepala BPBD Kota Cimahi, Dani Bastiani, pihaknya langsung menerjunkan personel untuk melakukan penanggulangan banjir sementara.

“Kita coba buka saluran air yang mampet karena sampah, agar air bisa mengalir. Petugas juga berusaha membantu motor yang mogok karena terendam,” ujarnya saat dihubungi.

Banjir yang melanda sejumlah titik di Cimahi diakibatkan oleh penyempitan dan pendangkalan aliran sungai dan drainase lingkungan serta drainase kota.

“Kondisi ini karena drainase permukiman dan drainase kota sudah tidak sanggup menampung debit air yang mengalir,” tegasnya. (SDK)

Comment