by

Anda Belum Punya E-KTP? Disdukcapil Kabupaten Bandung Jamin Ketersediaan Blanko KTP Aman

BandungKita.id, SOREANG – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Bandung, menjamin ketersediaan blanko KTP elektronik aman.

Kepala Bidang Pendaftaran Penduduk Disdukcapil Kabupaten Bandung, Kasta Wiguna mengatakan, pengadaan blanko KTP elektronik dilakukan oleh Dirjen Dukcapil Kementerian Dalam Negeri. Sehingga, ketersediaan tergantung dari pusat.

“Memang pengadaan blanko KTP elektronik bukan di Pemda, tapi jangan khawatir, ketersediaan aman,” tutur Kasta di Soreang, Jumat (23/11/2018).

Bahkan kata Kasta, sepekan dua kali pihaknya pergi ke Dirjen Dukcapil untuk mengambil blanko. “Jadi tidak ada alasan blanko habis. Stok akan selalu aman,” ujarnya.

Selain menjamin ketersediaan blanko, Disdukcapil Kabupaten Bandung juga terus berupaya menyelesaikan perekaman KTP elektonik.

Hal tersebut kata Kasta, sebagai persiapan menjelang Pemilu 2019 mendatang, yang mana daftar pemilih ditetapkan berdasarkan data penduduk yang telah melakukan perekaman KTP elektronik.

“Percepatan terus kami lakukan, supaya pada Pemilu 2019, seluruh penduduk bisa menggunakan hak pilihnya,” ujarnya.

Perekaman E-KTP sendiri saat ini bisa dilakukan di semua kecamatan. Penduduk yang belum melakukan perekaman, diimbau untuk mendatangi kecamatan.

“Kami juga mendatangi SMA dan SMK Negeri untuk merekam penduduk potensial pemilih,” ujarnya.

Remaja yang pada april 2019 genap berusia 17 tahun, juga sudah bisa melakukan perekaman di masing-masing Kantor Kecamatan.

“Tapi untuk yang belum berusia 17 tahun, belum bisa mengajukan pencetakan, karena KTP itu diberikan kepada penduduk yang berusia 17 tahun, tidak boleh kurang,” kata Kasta. (LOH/BandungKita.id)

Comment