by

Emil Resmikan Prasasti Tugu Santri Karawang, Lokasinya di Tempat Bersejarah Ini

BandungKita.id, KARAWANG – Sebagai bentuk penghormatan kepada para santri yang telah menjadi elemen utama eksistensi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menandatangani prasasti peresmian Tugu Santri yang berada di Masjid Agung Syech Quro Karawang, Jl. Alun-Alun Barat, Karawang Barat, Kabupaten Karawang, Senin (26/11/18).

“Kita ingin menghormati para santri sebagai elemen utama dalam eksistensi NKRI,” ujar Emil, sapaan akrab Ridwan Kamil.

Menjadi istimewa karena Tugu Santri pertama di Jawa Barat ini berada di tempat pertama penyebaran Islam di pulau Jawa, khususnya di Jawa Barat yaitu Kabupaten Karawang.

Masjid Agung Syech Quro memiliki sejarah panjang karena dibangun pada abad ke-15 atau tahun 1418 Masehi oleh Waliyullah, Syech Hasanudin atau Syech Quro yang pada awalnya merupakan sebuah pondok pesantren yang bernama Pesantren Quro.

“Islam pertama muncul pertama kali di tanah Jawa Barat di Masjid Agung Syech Quro ini,” kata Emil.

Emil pun berharap, Tugu Santri di Karawang ini menjadi sebuah simbol keislaman Karawang. Selain itu, peresmian Tugu Santri ini diharapkan menjadi momentum untuk mempertegas peran santri sebagai pionir perdamaian yang berorientasi pada spirit moderasi Islam, serta menjaga keutuhan dan persatuan ummat.

“Kita merasa sangat bangga karena kita berharap kontribusi positif dari para santri, tidak hanya sekadar simbol saja tapi eksistensi santri,” ungkap Emil.

“Karena kita butuh santri yang multitalenta, tidak hanya bisa di bidang keagamaan saja tapi di bidang pemerintahan, bisnis, dan lain lain,” tandasnya.(ZEN/BandungKita.id)

Comment