by

Robot InSight Milik NASA Berhasil Mendarat di Mars, Begini Videonya

BandungKita.id, TEKNO –  Badan antariksa Amerika Serikat, NASA, berhasil mendaratkan wahana robot baru bernama InSight, di permukaan planet Mars setelah diluncurkan sejak 5 Mei 2018, menempuh perjalanan antar planet sekira 301 juta mil.

Robot InSight meluncur bersama pesawat luar angkasa yang mendorongnya untuk terus sampai ke planet Merah. Robot tersebut menembus dinginnya luar angkasa yang kabarnya mencapai -269 derajat celcius sebelum dipanaskan kembali oleh gesekan atmosfer Mars

Seperti yang terlihat pada video yang diunggah oleh akun YouTube, LockheedMartinVideos, InSight meluncur di luar angkasa hingga tiba di permukaan Mars.

Video berdurasi 3 menit 18 detik itu ditonton lebih dari 426 ribu pengakses YouTube. Video memperlihatkan ketika InSight turun ke Mars diliputi dengan suhu yang semakin tinggi.

Cangkang InSight tampak memiliki kemampuan yang membuatnya dapat menahan suhu tinggi. Tidak lama kemudian parasut terbuka agar InSight bisa turun secara perlahan.

Robot itu semakin turun disertai kaki robot yang mulai diaktifkan. Dalam ketinggian tertentu, parasut terlihat terlepas dan dilanjutkan dengan mesin robot yang membuatnya turun dengan aman.

Setelah InSight mulai mendarat, kemudian robot itu membuka solar array yang menyerupai bentuk payung.***(RES)

Comment