oleh

Rencana Mempercantik Situ Ciburuy, Nasib Pedagang dan Pengusaha Perahu Belum Jelas

BandungKita.id, NGAMPRAH – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berencana akan melakukan penataan Situ Ciburuy yang terletak di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat. Penataan tersebut akan dimulai pada awal tahun 2019 ini.

Terkait rencana itu, sejumlah pedagang dan pengelola perahu wisata Ciburuy merasa khawatir terhadap masa depan nasib mereka. Pasalnya, sejauh ini Pemprov Jabar belum membicarakan secara detail tentang keterlibatan pedagang dan pengusaha perahu setelah dilakukan penataan.

Salah seorang pemilik perahu, Aji mengatakan dirinya mengapresiasi proyek penataan Situ Ciburuy. Namun, ia mengaku waswas atas nasib pengelola perahu yang belum jelas. Aji ingin jika kelak dilakukan penataan, Pemprov Jabar tidak melarang pengusaha perahu mencari nafkah di Ciburuy.

“Yang penting jangan mengganggu tukang perahu aja. Kita minta, temen-temen perahu tetap ikut usaha aja di sini. Awalnya kan pengunjung kesini karena ada perahu kalo gak ada perahu, yah mungkin gak akan banyak pengunjung,” ujarnya kepada BandungKita.id, Selasa, (1/1/2019).

Baca juga: Objek Wisata Situ Ciburuy Mulai Ditata Tahun 2019, Begini Rencana Penataannya

Dia mengatakan gubernur juga mengusulkan untuk merenovasi perahu agar lebih besar dan menarik. Namun karena modal yang terbatas, dia mengaku belum bisa.

“Kata beliau (Ridwan Kamil) perahu juga harus diperbesar tapi kan kita ga ada modal. Kita aja kan modal sendiri. Ya saya sih Insya Alloh kalo ada modal mah,” tuturnya.

Aji juga mengaku istrinya mengelola warung makanan di bantaran Situ Ciburuy. Dia merasa keberatan jika kelak harus ada biaya sewa untuk pedagang. Para Pedagang, kata Aji, hanya mampu memberi iuran untuk kebersihan saja.

Hal senada juga diungkap pedagang lain, Heni (41). Ia mengapresiasi rencana proyek tersebut, asalkan tidak mengganggu ekonomi warga.

“Sebagai pedagang mah minta yang terbaik aja untuk pedagang. Yang penting usaha ibu tetap jalan,” katanya.

Baca juga: Bandung Barat dan Bandung Timur Diprediksi Turun Hujan Siang Hari, Ini Prakiraan Cuacanya

Pemilik warung makanan lain, Ai (37) juga mengatakan hal yang sama. Dia mengapresiasi proyek tersebut jika tidak menghilangkan eksistensi para pedagang dan dapat mendatangkan banyak pengunjung.

“Ya bagus lah biar ada kemajuan dan pengunjungnya banyak. Katanya sih warung mau direnovasi dibagusin lagi diseragamin. Ibu ikutan aja lah. Asalkan penghasilan kita ke bantu juga,” ujar Ai.

Ai juga mengharapkan, perbaikan Situ Ciburuy yang direncanakan Ridwan Kamil dibarengi peningkatan ekonomi kepada pedagang-pedagang.

“Semoga adanya rencana perbaikan ini sih berimbas juga ke peningkatan penghasilan pedagang,” pungkasnya.***(BGS/BandungKita.id)

Komentar