by

Tinjau Situ Ciburuy, Aa Umbara Sebut Penataan Situ Akan Difokuskan pada Bagian Luar

BandungKita.id, PADALARANG – Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna meninjau obyek wisata Situ Ciburuy, Selasa (8/1/2019). Tinjauan tersebut menyusul adanya rencana Pemprov Jabar untuk melakukan penataan terhadap objek wisata yang kaya akan nilai sejarah itu.

Aa Umbara mengatakan Pemprov Jabar saat ini telah menyiapkan anggaran sebesar Rp30 miliar yang difokuskan untuk penataan Situ Ciburuy bagian luar.

Kurang lebih Rp 30 miliar. Yang jelas penataan di luar pulau dulu. performanya dulu, baru mungkin tahun 2020 kita benahi pulaunya,” jelasnya.

Aa Umbara berharap, dalam waktu dekat ini pengerjaan mulai dilakukan, dan diprediksi tahun 2020 penataan bisa selesai. Meskipun begitu, ia memperkirakan kurang lebih 100 miliar untuk menataan keseluruhan Situ Ciburuy.

Baca juga: Rencana Mempercantik Situ Ciburuy, Nasib Pedagang dan Pengusaha Perahu Belum Jelas

“Itungan saya untuk menata semua butuh Rp 100 miliar. Seperti untuk pulau, pelebaran jalan dan penunjang wisata lainnya. Tetapi dengan bantuan anggaran ini, kami yakin (situ Ciburuy) akan menjadi destinasi wisata baru untuk mengurai wisata Lembang,” paparnya.

Menurut Aa Umabara, setelah dilakukan penataan, pedagang di bantaran situ akan ditempatkan pada satu area khusus. Rencananya, akan dibangun pula Kampung Bunga dan ruang kreatif bagi pelaku seni.

“Kuliner nanti dipusatkan di satu area. Kita akan bikin kampung bunga. Ada juga ruang kreatif agar pelaku seni dan budaya bisa juga banyak tampil di sini,” katanya.

Baca juga: Objek Wisata Situ Ciburuy Mulai Ditata Tahun 2019, Begini Rencana Penataannya

Untuk mengantisipasi kemacetan akibat banyaknya pengunjung, Aa Umbara juga berenca memindahkan terminal Damri Ciburuy ke Goa Pawon dan akses jalan menuju Situ Ciburuy akan diperlebar.

“Nanti Damri akan dipindahkan ke Goa Pawon karena kan ga mungkin juga. Jalan juga akan dilebarkan. Mungkin hari ini gak macet, tapi nanti kan kalo pengunjung diatas 1500 (jiwa) atau 2000 (jiwa) apalagi sabtu minggu, maka kita persiapkan dari sekarang,” ujarnya.***(BGS/BandungKita)

Comment