by

Bulan Januari Sebanyak 307 Warga KBB Terkena DBD, 2 Orang Meninggal Dunia

BandungKita.id, NGAMPRAH – Jumlah penderita Demam Berdarah Dengue (DBD) di Kabupaten Bandung Barat per Januari 2019 mencapai 307 orang. Dari jumlah tersebut, tercatat 2 orang meninggal dunia.

Demikian dilaporkan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bandung Barat, Hernawan saat ditemui BandungKita.id, Selasa, (29/1/2019).

“Total selama empat minggu ini di bulan Januari 2019 sebanyak 307 penderita. Ada 2 orang meninggal,” paparnya.

Meskipun begitu, jumlah tersebut jika dilihat perminggu, mengalami penurunan jumlah di minggu ke empat.

Dia menyebutkan, minggu pertama sebanyak 30 penderita, minggu kedua sebanyak 79 penderita, minggu ketiga angka paling tinggi yakni 145 penderita sedangkan minggu ke empat berjumlah 53 penderita. Sementara, 2 orang yang meninggal dunia, yakni seorang balita dan lansia.

“Alhamdulillah, penderita DBD menurun di minggu ke empat. Lebih dari seratus persenlah kalo kita lihat data,” ungkapnya

Kebanyakan, kata dia, wabah DBD menyerang orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah. Adapun dua orang yang meninggal dunia tercatat satu balita dan satu lansia.

“Korban yang meninggal ada dua. Bayi 8 bulan di Cililin dan 65 tahun dari Ciwaruga. Untuk Ibu yang dari Cilame, kita belum mendapat laporan apakah itu karena DBD atau bukan,” jelasnya.

Meskipun begitu, dia mengatakan, pihaknya tidak akan berhenti mensosialisasikan pentingnya 3M (Menguras, Menutup, Mengubur) barang yang berpotensi menampung air untuk memberantas jentik nyamuk.

“Kita tetap mengimbau masyarakat untuk rutin menjaga kebersihan lingkungan dan melakukan PSN (Pemberantasan Sarang Nyamuk) untuk memutus rantai perkembangbiakan nyamuk.” ***(BGS/BandungKita)

Comment