oleh

Ini Dia Manfaat Luar Biasa Minum Susu di Pagi Hari Bagi Kesehatan

BandungKita.id, HEALTH – Minum susu di pagi hari, sangat banyak manfaatnya bukan hanya untuk pertumbuhan anak-anak, melainkan juga memiliki khasiat penting untuk orang dewasa yakni mencegah diabetes dan obesitas.

Khasiat ini bisa didapat karena minum susu di pagi hari akan menambah energi dan bisa mengurangi kadar glukosa yang bermanfaat untuk diabetes.

Menurut penelitian yang diterbitkan Journal of Dairy Science, mengomsumsi minuman berbasis protein tinggi pada sarapan mampu mengurangi risiko obesitas dengan mengurangi nafsu makan pada saat makan siang seperti dilansir pada independent.co.uk.

Apa saja manfaat minum susu pagi hari? Berikut ulasannya, cekidot :

1. Membuat kenyang lebih lama

Bagi Anda yang sedang diet, manfaat minum susu pagi hari adalah membantu mengontrol rasa lapar. Kandungan lemak dan protein dalam susu berperan menjaga metabolisme tubuh dan mengurangi sensasi lapar.

2. Susu bisa menjadi salah satu sumber energi

Sarapan merupakan momen tubuh pertama kalinya mendapatkan asupan setelah beristirahat. Sebagai menu pendamping saat sarapan, susu merupakan menu yang tepat karena kaya zat gizi dan mudah diserap tubuh. Anda bisa minum susu sebelum atau sesudah makan menu sarapan utama.

3. Menjaga kestabilan tekanan darah

Di pagi hari, tekanan darah ada dalam kondisi rendah. Berolahraga dilengkapi dengan sarapan bergizi akan membantu Anda menjaga tekanan darah. Lakukan olahraga low-impact seperti jalan pagi, jogging, atau senam pagi. Sarapan sekitar 60-90 menit sebelum berolahraga dan sebaiknya hindari makanan “berat”, pisang dan susu sudah cukup sebagai sumber energi.

4. Membentuk otot

Ingin otot yang kuat untuk menunjang aktivitas? Olahraga ringan di pagi hari akan melatih kekuatan dan kelenturan otot. Protein dalam susu berperan mendukung regenerasi sel otot dan pembentukan massa otot setelah berolahraga pagi.

5. Mencegah dibetes

Selain itu, susu dengan rendah lemak dapat membantu menghancurkan virus diabetes, menurunkan kadar glukosa dan mengontrol tekanan darah. Apalagi bila menambahkan susu dengan sereal yang berkarbohidrat tinggi dalam sarapan Anda.

Hal itu mampu membantu menurunkan berat badan dalam tubuh, karena bisa berkat protein dan kasein yang dimiliki susu bisa melepaskan hormon dalam lambung dan mampu meningkatkan perasaan kenyang.

Jadi tidak ada salahnya dimulai dari sekarang untuk membiasakan diri minum susu di pagi hari untuk mengurangi kadar glukosa dan mencegah diabetes dan obesitas. (M Zezen Zainal M)

Editor : M Zezen Zainal M

Komentar