by

Anggaran dari Pemprov Jabar Tak Sesuai Harapan, Bupati Garut Pesimis Rampungkan RPJMD

BandungKita.id, GARUT – Bupati Garut, Rudy Gunawan mengaku pesimis┬áterkait anggaran yang digelontorkan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar untuk rencana pembangunan besar di Garut. Ia mengakui anggaran tersebut belum bisa menyelesaikan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2019-2024 yang telah direncanakannya.

“Saya sekarang ini pesimis dapat bantuan dari Provinsi Jawa Barat. Sekarang saja bantuan dari Provinsi Jawa Barat Rp 516 miliar, itu 200 jutaan (terbagi beberapa paket proyek kecil). Tidak ada yang besar, yang besarnya Bagendit (Penataan Situ Bagendit) saja Rp 30 miliar tahun 2019 ini,” kata Rudy, Selasa (19/2/2019).

Meskipun Pemkab Garut sudah meminta Pemprov Jabar agar memberikan bantuan anggaran yang cukup besar. Namun sampai saat ini, Rudy mengakui Pemda Garut belum menerima dana tersebut satu rupiah pun.

Sementara pembangunan besar tersebut meliputi penyelesaian Jalan lingkar Leles, Lingkar Kadungora, Gor hingga pembangunan stadion. “Pada Musrembang tingkat provinsi saya sampaikan ini penting, ini penting untuk Jalan Lingkar Leles, Jalan lingkar Kadungora untuk mengurai kemacetan, tapi tidak ada. Sekarang dari APBD tidak bisa sepenuhnya kesana,” ujar Rudy.

“Kita sudah mengajukan yang besar-besar, termasuk untuk Gor, tapi gak ada satu rupiah pun, buat Lingkar Leles enggak ada,” tambahnya.

Meski begitu, Rudy mengatakan, tahun ini pihaknya tengah berusaha membereskan pembangunan Gor yang sempat terhambat. Meskipun proyek tersebut seharusnya diselesaikan oleh Pemprov Jabar.

“Tahun ini kami menyiapkan dana sekitar Rp 35 miliar untuk membereskan masalah itu. Akan ada finalisasi penyelesaian art center sehingga berfungsi. Kawasan stadion akan dibenteng keseluruhannya,” kata Rudy.

Selanjutnya, area stadion di Ciateul rencananya akan dibangun Gedung Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Garut. Untuk itu, pihaknya juga membuat rencana dasar sebesar Rp 20 miliar untuk pembangunan stadion. (M Nur el Badhi/Bandungkita.id)

Editor: Dian Aisyah

Comment