by

Begini Cara Simpan Alpukat Agar Tahan Lama Hingga 6 Bulan

BandungKita.id, TIP & TRIK – Bukan hanya memiliki rasa yang nikmat, alpukat juga diketahui memiliki manfaat yang baik bagi tubuh. Buah berwarna hijau ini, diketahui mengandung dua kali lebih banyak potasium yang bermanfaat untuk pencernaan dan fungsi otot yang baik.

Selain itu, alpukat juga diketahui tinggi vitamin B12 dan E yang penting untuk kesehatan kulit dan mata. Alpukat juga mengandung serat tinggi yang membantu menyerap nutrisi makanan. Serta, mengandung 11 karotenoid, senyawa yang membantu melawan kanker dan penyakit jantung.

BACA JUGA :

Weekend Telah Tiba! Ini Dia 7 Tips Mengisi Libur Akhir Pekan yang Bermanfaat

 

3 Tips Memilih Hijab Instan, Sesuai Kebutuhan dan Bentuk Wajah

 

Berbagai olahan, seperti jus alpukat menjadi minuman favorit bagi masyarakat Indonesia. Namun, yang sering terjadi ketika kita menggunakan alpukat hanya setengah bagian, dan sisanya disimpan, warna daging buahnya menjadi kecoklatan.

Pasti rasanya kesal, jika Anda terpaksa harus membuang alpukat tersebut, terutama saat harga alpukat sedang mahal. Namun, ada trik mudah yang memungkinkan Anda menjaga alpukat tetap segar dan dapat dimakan selama beberapa bulan ke depan.

Dilansir viva, langkah awal yang bisa dilakukan adalah mencuci buah dengan kulit masih utuh. Potong menjadi dua, lepaskan kulitnya dan bungkus bagiannya secara terpisah dalam bungkusan plastik atau kertas aluminium.

Selanjutnya, masukkan ke dalam kantong plastik yang bisa ditutup kembali dan masukkan ke dalam freezer dan pastikan untuk menuliskan tanggalnya di kantong plastik, sehingga Anda tidak melupakannya.

Anda juga dapat menyimpan alpukat di dalam lemari pembeku. Peras air jeruk nipis atau lemon dan simpan di dalam kantong yang bisa ditutup kembali atau wadah kedap udara untuk disimpan.

Memang ada sedikit masalah ketika menyimpan alpukat dengan cara dibekukan. Setelah Anda mengeluarkannya dari freezer, tekstur alpukat ini akan lebih lembek dibanding pertama kali Anda membelinya.

Karena itu, Anda tidak akan bisa mengiris-ngirisnya untuk dimakan sebagai camilan atau dijadikan topping roti isi. Tetapi, Anda masih bisa menghaluskannya untuk membuat jus, guacamole atau sebagai dressing. (M Zezen Zainal M)

Comment