by

Tradisi Kawin Cai Sa Nusantara Membawa Pesan Persatuan

BandungKita.id, CIMAHI – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil (Emil) menghadiri acara menyatukan air dari seluruh mata air di Indonesia atau sering disebut tradisi Kawin Cai sa Nusantara, di Kabuyutan Cipageran, Kota Cimahi, Minggu (24/2/2019).

Emil menyatakan tradisi menyatukan air dari seluruh mata air di Nusantara membawa pesan persatuan Indonesia.

“Dengan simbolis membawa air dari seluruh nusantara untuk disatukan di Jawa Barat ini, sebagai simbol bahwa persatuan Indonesia harus kuat. Agar negara ini bisa maju dan tidak terpecah belah. Saya kira itu pesan utamanya,” kata pria yang kerap disapa Emil.

Baca juga: Bangun Jawa Barat, Ridwan Kamil Terapkan Rumus Pentahelix

Dia berharap, dengan berkumpulnya sesepuh dari seluruh Nusantara pada acara tersebut akan menguatkan persatuan Indonesia.

“Mudah mudahan dengan begini persatuan Indonesia makin kuat. Dan juga kebudayaan kita jaga, karena kebudayaan menunjukan siapa kita,” ujarnya.

Dia mengatakan, pemerintah daerah akan mendukung penuh kebudayaan bentuk apapun selama tidak melanggar syariat.

“Selama tidak melanggar syariat, saya kira kebudayaan apapun di tanah air Indonesia ini akan kita dukung,” ucap Emil.

Baca juga: Sepanjang Januari 2019, 106 Kejadian Bencana Terjadi di Jawa Barat: Ribuan Rumah Rusak

Sebagai bentuk dukungan Pemerintah Provinsi Jawa Barat terhadap kebudayaan Emil mengaku akan membangun infrastruktur pusat kebudayaan di 27 Kabupaten/Kota di seluruh Jawa Barat.

“Kami berkomitmen, dalam 5 tahun akan bangun infrastruktur kebudayaan. Kami anggarkan untuk mendirikan pusat pusat budaya di 27 kab kota d jabar,” tandasnya.***(Bagus Fallensky)

Editor: Restu Sauqi

Comment