by

Gelombang Tinggi Selatan Jawa Barat Capai 2 Meter, BMKG Keluarkan Peringatan Dini

BandungKita.id, BANDUNG – Cuaca Bandung Raya diprakirakan mengalami hujan dari siang hingga malam hari. BMKG menyebut hujan berpotensi berintensitas ringan hingga sedang dan disertai petir.

“Pada umunya berawan pada pagi hari dan dini hari, berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang , disertai petir pada siang sore dan malam hari,” tulis BMKG di akun resminya, Jumat (8/3/2019).

Kondisi tersebut dipicu oleh kelembapan udara yang tinggi diatas ketinggian 3 km atau 700 mb di wilayah Jawa Barat. Sehingga mendukung pertumbuhan awan yang menyebabkan peluang terbentuknya awan hujan di wilayah Jawa Barat termasuk Bandung dan sekitarnya.

“Kelembapan udara berkisar 58 persen hingga 97 persen,” kata BMKG.

Sementara arah angin pada umumya dari arah barat dengan kecepatan 05-15 km/jam. “Arah angin Bandung Utara mengarah ke Barat sedangkan Bandung Selatan, Bandung Timur, Bandung Barat dan Bandung Tengah mengarah ke timur laut,” sebut BMKG.

Informasi kemaritiman, BMKG menuturkan gelombang tinggi terjadi di perairan sebelah utara Jawa Barat dan selatan Jawa Barat. ” Perairan sebelah utara Jawa Barat berkisar 0,00 meter hingga 0,50 meter, sedangkan perairan sebelah Selatan Jawa Barat mencapai 1,50 meter hingga 2,50 meter,” ujar BMKG.

BMKG juga mengeluarkan peringatan dini terkait hujan yang disertai petir. Serta gelombang tinggi di perairan selatan Jawa Barat.

“Waspadai hujan dengan intensitas sedang disertai petir pada siang/sore dan malam hari, serta ketinggian gelombang di perairan Selatan Jawa Barat,” pungkas BMKG. (Dian Aisyah/Bandungkita.id)

Comment