by

Undang Ratusan Caleg, Kapolres Garut Ingatkan Aturan Kampanye

BandungKita.id, GARUT – Menjelang persiapan kampanye terbuka, Polres, Kodim 0611 dan Pemkab Garut mengundang ratusan calon legislatif (caleg) di Kabupaten Garut. Para caleg diharap bisa melakukan kampanye sesuai aturan yang berlaku.

Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna, mengatakan pihaknya berpesan agar para caleg menjaga kondusifitas selama Pemilu. Terutama mendekati kampanye terbuka dan pencoblosan.

“Namanya pesta demokrasi harus disambut suka cita. Tapi ingat aturan kampanye harus dipatuhi dan jangan memancing permasalahan,” ucap Budi di Gedung Pendopo Garut, usai silaturahmi Kamtibmas dalam rangka menyukseskan Pemilu, Senin (18/3/2019).

Budi meminta semua pihak terutama peserta Pemilu, untuk menjaga kondusifitas. Jika ada permasalahan, semuanya bisa dipecahkan tanpa melalui kekerasan.

“Kami akan cari solusi setiap permasalahan yang ada. Semuanya bisa diselesaikan dengan baik-baik jangan sampai malah terjadi keributan,” katanya.

Pihaknya bersama Bawaslu dan KPU selalu memonitor jika terjadi pelanggaran Pemilu. Selama ini, lanjutnya, pemantauan terus dilakukan di setiap lokasi.

“Soal hoaks juga terus kami pantau. Sosialisasi ke sejumlah tempat yang rawan juga sering dilakukan. Termasuk gencar melaksanakan patroli dan menyambangi warga,” ujarnya.

Ia mengimbau warga tak takut dengan fenomena saat ini. Asalkan bisa menyaring informasi dengan sumber yang akurat sebelum menyebarkannya kembali. Kalau memang dirasa sumbernya tidak terpercaya, Budi meminta agar tak menyebar informasi tersebut.

Wakil Bupati Garut, Helmi Budiman mengatakan, langkah-langkah antisipasi kerawanan telah dilakukan aparat keamanan. Pihaknya juga mendorong agar masyarakat ikut berperan mengawasi selama proses kampanye.

Helmi mengimbau agar masyarakat lebih menahan diri dan tak terpancing jika mendapat informasi yang belum jelas kebenarannya. Jangan sampai terjadi keributan karena mendapat informasi yang belum pasti.

“Demokrasi di kita kan demokrasi pancasila. Jadi harus hadirkan nilai pancasila saat melaksanakan kampanye,” kata Helmi. (M Nur el Badhi)

Editor: Dian Aisyah

Comment