by

Ingin Kurangi Nasi? Ganti Nasi dengan Kembang Kol Agar Tubuh Lebih Sehat

BandungKita.id, HEALTH – Nasi putih seringkali dianggap sebagai musuh utama bagi orang yang ingin menurunkan berat badan. Terlebih lagi bagi mereka yang memiliki kadar gula darah tinggi.

Untuk mengatasi hal tersebut, biasanya dokter menyarankan untuk mengonsumsi nasi merah. Namun jika kamu tidak menyukai nasi merah, ada alternatif lain lho yang bisa kamu coba untuk tetap makan makanan sehat dan mengeyangkan.

Cobalah mengonsumsi kembang kol. Selain diolah menjadi menu sayuran seperti capcay atau sup, ternyata kembang kol bisa diolah menjadi pengganti nasi.

BACA JUGA:

Kehujanan Bisa Bikin Sakit, Ini 4 Cara Ampuh Mencegahnya

 

Cara mengolahnya pun sangat mudah, ikuti saja langkah-langkah berikut:

-Siapkan kembang kol ukuran sedang. Bersihkan daunnya dan potong jadi empat bagian, kemudian cuci bersih pada air mengalir

– Potong kembang kol hingga berukuran kecil atau bisa juga diparut tapi jangan terlalu halus. Pastikan masih bertekstur renyah

– Ambil tisu makan yang bertekstur kasar dan berukuran lebar, tempelkan di kembang kol yang telah dipotong atau dihaluskan untuk menyerap airnya

– Panaskan wajan, masukkan satu sendok makan minyak. Setelah panas, tumis kembang kol selama 5-8 menit hingga empuk

– Taburi garam dan lada secukupnya, kembang kol pun siap dimakan seperti nasi. Sajikan dengan lauk pauk favorit.

Itu dia resep kembang kol sebagai pengganti nasi. Sayuran ini merupakan salah satu sayuran terbaik bagi penderita diabetes.

Kembang kol dikenal mengandung banyak nutrisi. Kandungan seratnya juga dapat mengeluarkan racun. Serta kandungan sulfurnya yang membantu meningkatkan fungsi jantung dan ginjal. (Dian Aisyah/Bandungkita.id)

Sumber: Dream

Comment