by

Cegah Penuaan Dini dan Kulit Keriput, Hindari 4 Makanan Ini

BandungKita.id, HEALTH – Para wanita pasti tahu jika kulit yang terlalu sering terpapar sinar matahari akan menyebabkannya menua lebih cepat.

Untuk kamu yang banyak beraktivitas di luar ruangan, tentu sulit untuk menghindarinya. Tapi jangan lantas menyerah. Masih ada cara lain untuk membuat kulit tetap awet muda.

Salah satu cara menjaga keawetan kulit adalah dengan mengatur pola makan. Ternyata beberapa jenis makanan yang kita makan bisa membantu menghambat penuaan dini dan menjaga kesehatan kulit.

Pernah kah sobat BandungKita menyadari jika beberapa makanan yang biasa dikonsumsi mengandung sedikit kolagen dan berbahaya bagi kulit.

Berikut makanan yang harus dihindari, beserta penggantinya. So, kamu enggak perlu khawatir kekurangan asupan makanan, ya!

1. Kentang goreng

Kentang goreng merupakan makanan favorit hampir semua orang. Dan tentunya, sobat BandungKita tidak cukup hanya makan satu.

Biasanya kentang goreng disajikan dengan olahan garam dan minyak. Dua bahan makanan itu tentu dapat mempercepat penuaan. Makanan yang digoreng bisa merusak sel kulit karena memproduksi radikal bebas.

BACA JUGA :

Ingin Kurangi Nasi? Ganti Nasi dengan Kembang Kol Agar Tubuh Lebih Sehat

 

Mengecilkan Perut dengan Minum Air Jeruk Nipis, Benarkah Terbukti?

 

 

Terlalu banyak mengonsumsi kentang goreng bisa membuat kulitmu mudah mengendur. Kamu bisa mengganti kentang goreng dengan sweet potato fries yang lebih sehat dan membantu produksi kolagen.

2. Gula putih

Gula telah teruji menyebabkan beruntusan, jerawat serta penuaan dini. Daripada mengonsumsi minuman yang mengandung banyak gula maupun es krim, lebih baik kamu menggantinya dengan buah-buahan serta cokelat hitam.

3. Margarin atau mentega

Riset membuktikan seseorang yang membatasi konsumsi margarin atau mentega memiliki masalah kulit dan kerutan lebih sedikit daripada yang mengonsuminya dalam jumlah banyak.

Margarin memiliki kandungan hydrogenated oil yang sangat tinggi. Kandungan tersebut membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar UV dan menyebabkan kolagen serta elastisitas kulit berkurang.

Pilihlah makanan yang mengandung antioksidan tinggi seperti alpukat dan minyak zaitun.

4. Roti Putih

Roti putih sangat mudah ditemukan di setiap rumah. Namun, campuran karbohidrat dan protein bisa menyebabkan penuaan dini, peningkatan potensi penyakit kronis.

Makanan yang biasa dijadikan sarapan pagi ini memiliki kandungan glikemik indeks sangat tinggi dan bisa meningkatkan risiko peradangan pada kulit.

Ganti roti putih dengan kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang merah dan lain-lainnya yang kaya akan antioksidan serta bermanfaat untuk kulit.(M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

 

Editor : M Zezen Zainal M
sumber : dream

Comment