by

Temuan Surat Suara Tercoblos Di Malaysia, Aktivis 98 Cium Ada Rekayasa

BandungKita.id, GARUT – Temuan surat suara pemilihan presiden dan legislatif yang telah Tercoblos di Selangor Malaysia, Kamis (11/04/2019) dipandang ada nuansa rekayasa oleh jaringan aktivis 98 yang tergabung dalam Perhimpunan Pergerakan Jejaring Nasional Aktivis 98.

“Penuh kejanggalan, ada nuansa rekayasa untuk memfitnah 01, menuduh curang pada 01,” tegas Anto Kusumayuda, Ketua Perhimpunan Pergerakan Jejaring Nasional Aktivis 98 dalam rilis resminya, Sabtu (13/4/2019).

Anto mengingatkan, harusnya Panwaslu Selangor jeli dan memperingatkan pelapor dari Satgas BPN pasangan 02 untuk tidak main gerebek dan bongkar sendiri. Namun, harus ada Bawaslu dan aparat penegak hukum yang menyaksikan.

“Ini kan Bawaslu datang sudah terjadi pembongkaran, sudah diacak-acak,” jelasnya.

BACA JUGA:

Tunjuk LBH GP Ansor Terkait Kasus Soal USBN, Banser: Tak Ada Kata Maaf

 

Makanya, Anto menduga fakta-fakta soal penemuan surat suara yang telah Tercoblos tersebut adalah sebuah rekayasa yang dilakukan Satgas BPN 02.

“Mereka yang menyimpan, mereka yang mencoblos dan mereka juga yang menggerebek gudangnya,” tegas Anto.
Agar tidak menjadi isu yang simpang siur dan tidak merugikan pihak-pihak lain, Anto berharap semua pihak terkait mulai dari KPU, Bawaslu dan aparat kepolisian bisa mengusut tuntas temuan tersebut.

“Kita khawatir ada upaya memprovokasi mendelegitimasi penyelenggara Pemilu dan menggagalkan Pemilu dan Pilpres,” tegasnya.

Sebelumnya, Bawaslu RI membenarkan adanya temuan surat suara Pilpres dan Pileg di Selangor Malaysia yang telah dicoblos. Bawaslu pun memastikan video penemuan surat suara yang saat ini viral bukanlah video hoax. (M Nur el Badhi)

Comment