oleh

Mau Mudik Pakai Sepeda Motor? Perhatikan 6 Tips Ini Agar Mudik Kamu Lancar dan Selamat

BandungKita.id, TIPS & TRIK – Sekitar 10 hari lagi, lebaran atau hari raya idulfitri akan tiba. Mayoritas masyarakat muslim Indonesia pun biasanya melakukan tradisi mudik untuk bersilaturahim dengan anggota keluarga di kampung halaman.

Mudik dengan menggunakan sepeda motor pun masih menjadi pilihan sebagian masyarakat Indonesia. Bagi kamu yang berniat mudik ke kampung halaman menggunakan sepeda motor, tak cukup hanya mempersiapkan materi dan kendaraan. Tetapi perlu persiapan lainnya agar selamat sampai tujuan.

Sebab, kamu harus tahu, berdasarkan data Polri, pengguna sepeda motor berkontribusi besar terhadap angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya. Oleh karena itu, perlu persiapan maksimal agar mudik kamu lancar dan selamat sampai di kampung halaman hingga kembali lagi ke kota asal.

Ilustrasi mudik lebaran (foto:net)

Instruktur Safety Riding Center Adni Rahmat Ramli mengatakan, terdapat enam tips aman untuk mudik lebaran menggunakan sepeda motor. Tips tersebut diambil berdasarkan kebutuhan dan kondisi jalanan di Indonesia. Apa saja, cekidot :

1. Menyiapkan rute

Saran ini menjadi komponen penting dalam mudik. Kamu harus mencari tahu rute yang harus dilalui, baik rute utama atau rute alternatif. Mempelajari dan mengetahui rute, bisa dilakukan melalui google maps atau peta.

2. Cari teman

Bila Anda berniat mudik jarak jauh, kamu harus memikirkan mudik bersama teman. Mudik secara bersama-sama, akan memberi manfaat bila terjadi sesuatu yang tak diinginkan di jalanan. Terutama ketika kendaraan rusak di tengah hutan atau kawasan tanpa penduduk.

BACA JUGA :

Selama Musim Mudik, Delman di Garut Dilarang Beroperasi

Terminal Cicaheum Bakal Diserbu 18 Ribu Pemudik

 

Pemda Garut Siagakan Alat Berat di Jalur Mudik

 

3. Hindari mudik malam hari

Mudik malam hari memang cenderung lancar dan lengang. Karena titik keramaian di jalan tak seramai siang hari. Tetapi bagi pengendara motor, akan lebih baik bila berkendaraan siang hari. Hal ini karena bengkel sepeda motor sangat banyak dijumpai saat siang hari.

4. Cek kondisi kendaraan

Sepeda motor yang akan dibawa mudik, harus dicek kelaikannya. Apalagi bila kampung halaman Anda cukup jauh. Mengecek kondisi kendaraan meliputi kondisi mesin, rem, oli, ban, lampu-lampu, dan lainnya.

Ilustrasi mudik menggunakan sepeda motor (foto:net)

 

5. Jaga kesehatan

Berkendara menggunakan sepeda motor ratusan kilometer, diperlukan kondisi pengemudi yang fit dan prima. Tak ada salahnya sejak jauh jauh hari, berolahraga teratur agar kondisi badan tetap bugar. Saran terpenting adalah, berhenti berkendara setiap dua jam sekali.

6. Membawa barang secukupnya

Bila Anda memiliki sepeda motor besar, sarannya menyiapkan box belakang dan samping kanan dan kiri. Sehingga barang bawaan bisa masuk box. Sementara bagi Anda pemilik motor matic, bawalah barang secukupnya seperti ransel. Jangan membawa barang bawaan berlebihan apalagi dengan menambah menggunakan kayu di bagian belakang motor.

Demikian tips mudik aman yang diperoleh BandungKita.id dari berbagai sumber. Semoga tradisi mudik kamu yang yang telah dipesiapkan jauh-jauh hari lancar dan selamat. Jangan kebut-kebutan karena keluarga kamu menanti di rumah. (M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal

sumber : sindo/net

Komentar