by

Pemda Garut Siagakan Alat Berat di Jalur Mudik

BandungKita.id, GARUT – Pemerintah Kabupaten Garut akan menempatkan alat berat dibeberapa titik jalur mudik, terutama selatan Garut yang rawan longsor. Tidak hanya itu, petugas jaga juga yang akan bergerak bila terjadi bencana alam saat mudik berlangsung.

Dikatakan Bupati Garut Rudy Gunawan penyiagaan alat berat dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam saat musim mudik 2019 berlangsung.

“Kita siagakan alat berat di jalur mudik. Agar memudahkan kalau terjadi apa-apa,” ujar Rudy di kantornya, Jalan Pembangunan, Jumat (24/5/2019).

Alat berat disiagakan di titik-titik rawan bencana seperti di kawasan Malangbong perbatasan Garut-Tasik, Lebak Jero Kadungora serta di wilayah Garut selatan seperti di Kecamatan Cisompet dan sepanjang Jalur Bungbulang-Cisewu.

BACA JUGA:

Pelaku Penganiayaan Pol PP di Garut Menyerahkan Diri

 

Enam Hari Dicari, Korban Tenggelam di Garut Ditemukan di Cianjur

 

Rudy mengatakan, hal itu dilakukan untuk mempercepat proses evakuasi bila terjadi bencana. “Supaya kalau ada bencana bisa cepat ditangani,” katanya.

Selain menyiagakan alat berat, sejumlah petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan siaga selama 24 jam selama proses mudik 2019 berlangsung.

Mereka merupakan tim respons cepat yang akan terjun ke lapangan ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Kami berharap mudik tahun ini berjalan dengan lancar. Masyarakat Garut bisa pulang dengan nyaman dan berlebaran di kampung halaman bersama keluarga,” pungkas Rudy. (M Nur el Badhi/Bandungkita.id)

Editor: Dian Aisyah

Comment