oleh

H-3 Pemudik di Jalur Selatan Mulai mengalami Peningkatan

BandungKita.id, GARUT – Jumlah kendaraan yang mengarah dari Bandung menuju Tasikmalaya, pada H-3 terpantau mengalami peningkatan. Untuk mengantisipasi kemacetan di jalur selatan, selain menberlakukan sistem one way (satu arah), pihak kepolisian membaginya ke dua jalur, yaitu Tasikmalaya via Malangbong dan Kadungora.

Kapolres Garut, AKBP Budi Satria Wiguna membenarkan bahwa arus kendaraan mengalami peningkatan sejak pukul 20.00. “Dan kami sudah sepakat dengan Polres Bandung kalau mengalami peningkatan ini langsung dibagi. Ada yang lewat Limbangan dan sebagian melalui Kadungora tembus Singaparna,” katanya, Minggu (2/6/2019).

Pengalihan arus tersebut, dikatakan Kapolres, dijadwal minimal selama satu jam sebelum kemudian dinormalkan kembali. Hal tersebut sengaja dilakukan agar para pemudik tetap lancar dan aman hingga sampai ke rumahnya masing-masing.

BACA JUGA:

One Way di Jalur Limbangan-Malangbong Garut Akan Diberlakukan Jika Terjadi Kepadatan

 

“Meski mulai ramai, jumlah kendaraan yang melewati jalur selatan ini tidak sebanyak kemarin malam,” ungkapnya.

Selain itu, lanjut Budi, jumlah kendaraan yang masuk ke jalur selatan secara tren kemungkinan besar tidak akan mengalami peningkatan yang signifikan. Hal ini karena para pemudik menurutnya sudah lebih dahulu pulang karena sejak hari ini sudah memasuki musim libur lebaran.

Meski demikian, Kapolrea menyebut bahwa pihaknya tetap menyiagakan seluruh anggotanya di jalur mudik, baik Limbangan-Malangbong maupun Kadungora-Garut. “Hingga saat ini kita memandang belum perlu melakukan one way karena kondisi arus lalulintas masih kondusif,” katanya. (M Nur el Badhi/Bandungkita.id)

Editor: Dian Aisyah

Komentar