Mau Mudik Menggunakan Mobil Pribadi, Kamu Harus Menyiapkan 3 Hal Ini

BandungKita.id, TIPS & TRIK – Bertemu dengan keluarga di kampung halaman alias mudik sudah menjadi tradisi masyarakat Indonesia saat lebaran. Banyak orang yang memilih mudik naik mobil karena tak perlu berburu tiket transportasi umum, perjalanan akan lebih seru, dan tak perlu repot menyewa kendaraan di kampung halaman untuk berkeliling silaturahmi.

Memang mudik naik mobil banyak keuntungannya, tapi pastikan mobil dalam kondisi prima agar perjalanan tetap nyaman dan aman. Jika berencana mudik naik mobil, ada beberapa hal yang harus disiapkan. Simak berikut ini.

1. Servis Mobil dari Jauh Hari Sebelum Mudik

Servis mobil adalah hal wajib yang harus dilakukan sebelum mudik untuk menghindari kemungkinan yang tidak diinginkan. Sebab, arus mudik akan mempengaruhi sistem kendaraan seperti mesin.

BACA JUGA :

Simak 4 Tips Mudik Aman dan Nyaman Ala Wabup KBB Hengky Kurniawan

 

Mau Mudik Pakai Sepeda Motor? Perhatikan 6 Tips Ini Agar Mudik Kamu Lancar dan Selamat

 

Simak 5 Kiat Mudik Aman Menggunakan Angkutan Umum

 

Bagaimana tidak, selama mudik, mesin menyala lebih lama karena macet. Belum lagi mobil selalu dalam keadaan berhenti-berjalan atau stop-start dan penggunaan AC yang maksimal pun turut memengaruhi kondisi mobil.

Dengan melakukan servis, bagian vital mobil akan diperiksa dan beberapa komponen akan diganti agar mobil tetap dalam keadaan prima. Mulai dari pemeriksaan mesin, ban, freon AC, radiator, sistem bahan bakar, hingga mengganti aki dan oli.

2. Bawa Perangkat Darurat

Tak ada yang bisa memprediksi bagaimana kondisi mudik nanti. Bisa saja sudah menservis kendaraan, tapi ada kendala yang ditemui di tengah jalan. Misalnya ban bocor. Maka bawa perangkat darurat seperti dongkrak dan ban serep. Pastikan juka perangkat tersebut dalam kondisi bisa dipakai dengan baik.

3. Pakai dan Cek Pelumas atau Oli

Demi membantu melindungi mesin mobil, gunakan pelumas atau oli yang tepat agar perjalanan mudik aman dan nyaman. Dan yang tak kalah penting, selalu berhati-hati dan berkonsentrasi penuh saat menyetir. Segera beristirahat jika mengantuk dan lelah. Selamat mudik, salam untuk keluarga di kampung halaman. (M Zezen Zainal M/BandungKita.id)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber:detikoto

Comment