oleh

Selain Setya Novanto, Ini 4 Narapidana yang Punya ‘Kesaktian’ Keluar-masuk Lapas Sukamiskin

BandungKita.id, BANDUNG – Lapas Sukamiskin kembali menjadi menjadi sorotan publik. Bagaimana tidak, diduga salah satu penghuninya Setya Novanto dikabarkan keluyuran di salah satu toko bangunan di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Jumat (14/6) siang.

Dalam sebuah foto yang tersebar di dunia maya, Setnov tampil bak sosok misterius, ia mengenakan masker, topi, kemeja biru muda lengan pendek, serta celana dan sepatu hitiam. Politisi Partai Golkar tersebut juga tampak berbincang dengan perempuan berjilbab hijau menenteng tas merah.

Mengetahui hal itu, Kantor Wikayah Kemenkumham Jawa Barat langsung mengambil langkah tegas dengan memindahkan Setnov ke Lapas Teroris Gunung Sindur, Kabupaten Bogor.

Baca juga:

Duh, Usai Berobat Bukanya Balik ke Sel, Setnov Malah Keluyuran di Padalarang

 

Kasus keluyuran penghuni Lapas Sukamiskin bukanlah hal pertama terjadi, sebelum Setya Novanto, penghuni lapas lain sempat memiliki ‘kesaktian’ yang sama. Berikut empat tanahan Lapas Sukamiskin yang dikabarkan pernah sering keluar-masuk lapas.

Rachmat Yasin

Terpidana kasus suap pengurusan izin lahan yang juga mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin memang telah dinyatakan bebas pada Mei 2019 lalu.

Namun, selama 5 tahun menghuni hotel prodeo Sukamiskin Yasin pernah dikabarkan sempat pelesiran menginap di sebuah rumah di Panorama Alam Parahyangan, Bandung, pada Desember 2016.

Seperti diketahui Rachmat divonis kurungan penjara selama 5 tahun 6 bulan dan denda Rp 300 juta subsider 3 bulan penjara oleh Majelis Hakim Tipikor Bandung, pada November 2014. Ia terbukti terima suap Rp 4,5 miliar lahan tanah seluar 2.754 hektar

 

Kolase Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan dan Airin (net)

 

Wawan

Selama mendekam di Lapas Sukamiskin Bandung, terpidana kasus korupsi, Tubagus Chaeri Wardhana alias Wawan, pada tahun 2018 diketahui beberapa kali mengajukan izin berobat. Sayangnya, izin dari eks Kalapas Sukamiskin, Wahid Husen, itu kerap disalahgunakan suami Walikota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany itu.

Wawan diketahui sering memanfaatkan izin berobat itu untuk bertemu keluarga hingga menginap di hotel bersama wanita.

Baca juga:

Izin Berobat, Ternyata Suami Walikota Cantik Airin Ketahuan Menginap di Hotel Bersama Wanita

 

Wawan ini merupakan warga binaan (narapidana) yang menjalani hukuman penjara sejak tahun 2015 di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Klas 1 Sukamiskin Bandung atas beberapa kasus korupsi yang dilakukannya. Salah satunya menyuap hakim MK. Adik mantan Gubernur Banten Ratu Atut itu divonis 18 bulan penjara oleh Pengadilan Tipikor Serang.

Gayus Tambunan

Terpidana kasus penggelapan pajak, Gayus Halomoan Tambunan mulai menjadi tahanan di Lapas Sukamiskin pada Mei 2012 setelah sebelumnya di tahan di Lapas Cipinang, Jakarta Timur.

Pada 9 Septermber 2015 dia ketahuan tengah makan di sebuah restoran di kawasan Jakarta Selatan bersama dua teman perempuannya. Aksinya terekam dalam foto yang beredar luas di dunia maya. Ia juga kedapatan menonton tenis di Bali.

Sebelum kasus itu, Gayus yang berstatus sebagai tahanan Mako Bromob juga berhasil terbang ke Bali dan sejumlah negara dengan memanfaatkan paspor palsu atas nama Sony Laksono.

 


Gayus Tambunan tertangkap kamera wartawan tengah asyik duduk di bangku penonton kejuaraan dunia tenis lapangan di Denpasar, Bali, November 2010. (istimewa)

 

Anggoro Widjojo

Pengusaha Anggoro Widjojo terlibat kasus suap untuk memenangkan proyek sistem komunikasi radio terpadu (SKRT) pada 2006-2007 di Departemen Kehutanan senilai Rp 180 miliar.

Saat mendekam di Lapas Sukamiskin, ia sering keluar-masuk penjara Sukamiskin sepanjang Desember 2016. Ia diduga menyalahgunakan izin berobat yang diberikan pihak lapas.

Pihak lapas mengklaim sejumlah aparat mengawal Anggoro saat keluar, namun tak menutup kemungkinan ia lolos dari pengawasan dan berkunjung ke tempat lain. Salah satu yang ketahuan, Anggoro pernah pelesir ke Apartemen Gateway, Bandung.

Setelah sekitar 13 jam di dalam apartemen, Anggoro keluar bersama seorang wanita, lalu menumpang mobil Mitsubishi Grandis balik ke Sukamiskin.***(Restu Sauqi)

Komentar