oleh

8 Daerah di Jabar Bakal Gelar Pilkada Serentak 2020, Penyelenggara Diimbau Persiapan Matang

BandungKita.id, BANDUNG – Delapan Kabupaten/Kota di Jawa Barat akan menggelar pilkada serentak pada 2020 mendatang. Kedelapan daerah tersebut yakni Kabupaten Pangandaran, Kabupaten Tasikmalaya, Kabupaten Bandung, Kabupaten Karawang, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Cianjur, Kabupaten Sukabumi dan Kota Depok.

Pengamat politik dari lembaga pemantau pemilu, democracy and electoral empowerment partnership (DEEP) Yusfitriady mengatakan jelang berlangsungnya Pilkada serentak 2020 mendatang penyelenggara pemilu diminta segera melakukan sejumlah persiapan.

“Pertama kami meminta kepada penyelenggara baik KPU maupun Bawaslu agar matang mempersiapkan daftar pemilih, logistik, integritas, profesionalitas dan lain sebagainya untuk menghindari persoalan yang seringkali muncul,” kata Yus dalam saiaran pers resminya, Sabtu (13/7/201).

BACA JUGA :

Pilkada Serentak Tahun 2020 Akan Diikuti 270 Daerah

 

 

DPR RI, KPU, Bawaslu, dan Kemendagri Bahas Tahapan Pilkada 2020

 

Diperkirakan rangkaian persiapan Pilkada serentak 2020 bakal dilaksanakan pada September 2019. Pihaknya juga meminta para penyelenggara pemilu bisa memetakan kerawanan terutama kaitannya dengan netralitas ASN.

“Bagi para peserta pemilu juga kami imbau untuk memaksimalkan potensi diri supaya tidak terjadinya calon tunggal,” kata yus.

Bawaslu dan KPU, kata Yus, juga diminta melibatkan semaksimal mungkin potensi masyarakat. Begitu pun masyarakat diimbau untuk kooperatif dalam menyongsong pemilu pemilihan kepala daerah serentak di 2020 mendatang.

“Mengimbau kepada masyarakat untuk berperan aktif dalam setiap proses pemilihan kepala daerah serentak, dari dimulainya tahapan sampai pada proses rekap suara. Ini penting untuk mengawasi jalannya pesta demokrasi,” (Tito Rohmatulloh/BandungKita)

Editor : M Zezen Zainal M

Komentar