oleh

Mulai Tahun Ini, ITB Buka Seleksi Jalur Mandiri Bagi Calon Mahasiswa yang Tak Lolos SBMPTN

BandungKita.id, BANDUNG – Institut Teknologi Bandung (ITB) mulai tahun ini membuka pendaftaran jalur mandiri bagi calon mahasiswa baru tahun 2019.

Rektor ITB, Kadarsyah Suryadi mengatakan, pendaftaran mahasiswa melalui jalur mandiri merupakan yang pertama kalinya dilakuakn ITB. Jalur mandiri dibuka bagi calon mahasiswa yang tidak lolos Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN).

“Banyak sekali mahasiswa yang tidak pernah keterima di ITB, karena salah memilih fakultas. Contohnya, ia memiliki nilai yang tinggi, tetapi karena saingannya cukup tinggi, maka dia tak masuk,” ujar Kadarsyah seperti dikutip dari viva.

BACA JUGA :

Hasil SBMPTN Diumumkan Sore Ini, Cek di Sini Apakah Nama Kamu Lolos

 

 

Situs Pendaftaran Mahasiswa Baru UIN Bandung Eror, Calon Peserta Khawatir Tak Bisa Ikuti Tes

 

Kadarsyah mengatakan, ITB memiliki prinsip yang berbeda dengan perguruan tinggi negeri lainnya.

Sebagai contoh, jika calon mahasiswanya memiliki prestasi yang baik, nilai akademis yang baik, namun tidak mampu secara ekonomi dapat mengajukan beasiswa.

“ITB sendiri punya prinsip biaya pendidikan untuk kuliah gratis bagi yang tidak mampu. Bagi yang mampu, silahkan bayar semampu orangtua. Sehingga walaupun mandiri, kita tetap menerima yang bidikmisi. Kami menerima yang bayar 20 persen dan 30 persen silakan,” ujarnya. (M Zezen Zainal M)

Editor : M Zezen Zainal M

Komentar