oleh

Sedih! Tentara Zionis Israel Hancurkan Rumah-rumah Warga Palestina dengan Buldozer

BandungKita.id, INTERNASIONAL – Ratusan tentara Israel mulai menghancurkan rumah-rumah warga Palestina di Sur Baher dengan buldozer. Negeri Zionis itu mengabaikan protes warga Palestina dan kritik dunia internasional.

Menurut warga Desa Wadi al Hummus, sebanyak 16 bangunan dan sekitar 100 apartemen jadi target penghancuran. Pasukan Israel telah mempersiapkan diri dengan buldozer sejak dini hari.

“Beberapa keluarga diancam akan dikubur jika tidak pindah atau bangun dari rumahnya,” kata Organisasi Pembebasan Palestina (PLO) dikutip dari Al Jazeera.

Tentara Israel menghancurkan bangunan rumah warga Palestina (foto:EPA)

Militer Israel percaya bahwa rumah-rumah di dekat tembok perbatasan itu memiliki ancaman serius.

Bulan lalu, Mahkamah Agung Israel mendukung militer untuk mengakhiri pertempuran hukum tujuh tahun, dan menetapkan Senin sebagai batas waktu untuk merobohkan rumah-rumah.

Otoritas Palestina mengatakan, tindakan itu akan menjadi percontohan bagi kota-kota lain di sepanjang tembok perbatasan sepanjang kilometer di Tepi Barat.

Rob Matheson, jurnalis Al Jazeera, melaporkan bahwa aksi Israel dimulai sekitar pukul 07:15 waktu setempat.

BACA JUGA :

Allahu Akbar! Warga Jalur Gaza Palestina Digempur Israel Pada Awal Ramadan Ini, Mari Berdoa untuk Mereka

 

Israel Kembali Gempur Gaza, Rumah Sakit Indonesia Ini Rusak

 

Warga Bandung Gelar Aksi Solidaritas Untuk Palestina

 

“Kami mendengar dentuman yang sangat keras datang dari sebuah bangunan di sebelah tempat kami berada sekarang. Suara itu berasal dari penggali mekanik besar yang merobek bagian atap bangunan yang sampai pagi ini kepada dua keluarga,” kata Rob.

“Ayah dari salah satu keluarga telah duduk di kursi di jalan menyaksikan rumahnya terkoyak.” tambah dia.

Matheson mengatakan, pasukan Israel telah meratakan sebuah bangunan di sisi Tepi Barat. Israel juga menghancurkan 50 persen rumah milik keluarga Palestina 10 di sisi Yerusalem Timur.

“Pada dini hari, ketika hari masih gelap, pasukan Israel bergerak ke rumah-rumah dan memindahkan keluarga penghuni. Mereka membawa keluarga itu pergi. Kami mendengar teriakan demi teriakan. Dan dalam dua jam, 50 persen bangunan telah dihancurkan. ”

Pembongkaran itu menandai “hari yang sangat suram dan menyedihkan” bagi warga Palestina.(M Zezen Zainal M)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : dream/aljazeera

Komentar