by

Musim Kemarau, Hasil Tangkapan Ikan Nelayan di Garut Melimpah

BandungKita.id, GARUT – Meski musim kemarau nelayan di Pantai Santolo, Kecamatan Cikelet, Kabupaten Garut mengaku mendapat hasil tangkapan ikan yang cukup baik. Pendapatan nelayan pun lebih baik ketimbang awal tahun atau pada musim hujan.

Menurut Iman (42), salah seorang nelayan menyebut bisa memperoleh ikan hingga enam kuintal sekali melaut. Kondisi cuaca juga mendukung untuk mencari ikan. “Akhir tahun lalu sama awal tahun susah melaut. Sekarang sudah lumayan tangkapannya. Ombak sama anginnya tidak terlalu besar,” ujar Iman, Rabu (7/8/2019).

Sekali berangkat, Iman menghabiskan waktu tiga hari di laut. Dengan membawa bahan bakar sebanyak 30 liter, paling sedikit Iman bisa menangkap satu kuintal ikan. “Hasil tangkapannya tidak dijual ke tempat pelelangan. Sudah ada tengkulak yang beli,” ucapnya.

BACA JUGA:

Status Tersangka Kasus Korupsi di RSUD Lembang Ditetapkan, Hengki Optimis Pemda KBB Raih WTP

 

Sidang Gugatan Sekda Kota Bandung : Ini Empat Poin Replik Benny Bachtiar

 

Kebanyakan ikan yang ditangkap, lanjutnya, berjenis layur. Per ekornya dihargai Rp 10 ribu sampai Rp 12 ribu. “Kalau diuangkan bisa Rp 1 juta sampai Rp 2 juta per harinya. Ikan yang enggak dibeli tengkulak, biasanya dijual langsung saja,” katanya. (M Nur El Badhi/Bandungkita.id)

Editor: Dian Aisyah

Comment