by

Bingung Bagaimana Menghilangkan Aroma Tak Sedap pada Daging Kambing? Coba 5 Cara Ini

Bandungkita.id, BANDUNG – Hari Raya Iduladha telah tiba. Konsumsi masyarakat terhadap daging meningkat. Salah satu hewan kurban yang biasa dibagikan adalah daging kambing.

Namun, beberapa orang kerap dihadapkan dengan kesulitan menghilangkan bau dari daging tersebut. Aroma kambing atau yang biasa disebut prengus itu tak jarang membuat sebagian orang urung untuk mengkonsumsi nya.

Sebetulnya, aroma tersebut tidak bisa dihilangkan. Namun hanya bisa dikurangi kadarnya dengan beberapa cara sehingga tidak tidak terlalu menyengat.

Berikut beberapa cara untuk mengurangi bau prengus pada daging kambing.

Cuci dengan air mengalir atau tidak sama sekali

Banyak orang yang berpikir bahwa salah satu cara menghilangkan bau prengus daging kambing adalah dengan mencucinya. Padahal, proses mencuci ini harusnya dihindari karena bau prengus justru akan hilang jika langsung dimasak dengan metode merebus nya.

Perlu diingat juga, proses memasaknya pun harus benar (meresap, tanak, dan cukup waktu). Saat memasak daging kambing, buang busa dan kotoran yang keluar agar tidak menimbulkan bau.

Jika harus mencuci daging, maka gunakan air mengalir. Air tidak mengalir, kotoran tidak akan terbuang.

Gunakan jahe

Jahe disinyalir mampu menutupi bau daging menyengat pada daging kambing. Caranya, cincang jahe dan lumuri ke daging yang akan diolah. Untuk menghilangkan bau amis atau prengus juga bisa membaluri daging kambing dengan menggunakan jeruk nipis sebelum diolah. Biarkan daging selama 1 jam setelah dilumuri jeruk nipis sebelum dimasak.

Rendam dengan nanas

Merendam daging kambing di dalam parutan nanas muda juga sangat dianjurkan. Selain membantu mengurangi bau prengus, juga bisa mempercepat daging empuk dan tidak alot.

Potong dengan benar

Memotong juga akan mempengaruhi bau prengus daging kambing. Oleh karena itu, potonglah daging searah dengan serat daging. Selain itu, hilangkan atau buang lemak yang ada pada daging.

Bungkus dengan daun pepaya

Tips lainnya adalah dengan menggunakan daun pepaya untuk menghilangkan bau prengus dari daging kambing. Caranya, dengan menyelimuti daging kambing menggunakan daun pepaya selama 30 menit sebelum dimasak.***

Comment