by

Takut Kecipratan Minyak Saat Goreng Ikan? Cobain Deh 5 Trik Ini

BandungKita.id, TIPS – Memasak adalah rutinitas bagi seorang wanita. Salah satu menu makanan yang kerap kali diolah ialah ikan.

Ikan goreng menjadi pilihan tepat karena proses mengolahnya yang mudah dan cepat. Selain harganya yang cukup murah dibanding daging ayam atau sapi, ikan juga mengandung banyak nutrisi untuk kebutuhan tubuh.

Namun persoalan yang yang selalu dihadapi saat menggoreng ikan adalah minyaknya yang meletup-letuk ke tangan.

Dilansir dari Hipwee, ada beberapa tips sederhana agar menggoreng ikan dengan aman tanpa takut terkena letupan minyaknya. Coba praktikin yuk?

1. Sebelum digoreng, baiknya cuci ikan dengan bersih dan hati-hati agar minyak nggak meletup

Salah satu hal yang membuat minyak meletup ialah masih adanya cairan dalam tubuh ikan. Untuk itu pastikan sudah bersih kemudian rendam dulu dalam larutan air lemon dan garam selama 15 menit.

Atau, kamu pun bisa merendam ikan dalam tepung terigu. Kedua hal ini sangat direkomendasikan jika kamu ingin menggoreng lele.

 

BACA JUGA:

Berikut Kiat Sehat Cuci Muka Setelah Terpapar Cuaca Panas dan Menghindari Kulit Belang

 

Wow! Inilah Cara Menentukan Kelamin Calon Bayi Sesuai Harapan, Bagaimana Hukumnya dalam Islam?

 

2. Memperhatikan jumlah minyak yang dituangkan ke wajan untuk menggoreng

Gunakan minyak dengan jumlah yang pas sesuai kebutuhan. Minyak yang sedikit membuat ikan menjadi lengket dan kurang renyah.

Sedangkan minyak yang terlalu banyak membuat ikan naik ke permukaan dan mudah menguap. Itulah penyebab minyak meletup-letup.

3. Suhu minyak juga perlu diperhatikan agar nggak meletup ketika dipakai menggoreng

Sebelum memasukkan ikan, baiknya cek dulu suhu minyaknya. Jika minyak sudah panas, kamu bisa mengecilkan api untuk menghindari letupan minyak. Kemudian, cukup masak ikan dengan suhu kecil saja.

4. Gunakan garam agar letupan minyak berkurang

Garam bisa digunakan untuk mengurangi letupan minyak saat menggoreng. Cukup taburkan garam ke minyak yang akan digunakan untuk menggoreng, diamkan sesaat lalu masukan ikan ke dalam wajan.

5. Menggunakan jeruk nipis

Enggak hanya garam, jeruk nipis juga dipercara bisa mengurangi letupan minyak. Caranya cukup peras jeruk nipis ke dalam minyak yang belum mendidih. (Dian Aisyah/Bandungkita.id)

Sumber: Hipwee

Comment