by

Kebakaran Gunung Guntur : Antara Mitos, Perambahan Hutan dan Agresivitas Penambang Pasir

BandungKita.id, GARUT – Masyarakat Kabupaten Garut, banyak yang menganggap jika peristiwa kebakaran di Gunung Guntur sebagai pertanda akan segera masuk musim hujan.

Namun setelah ditelusuri anggapan tersebut salah besar, kebakaran Gunung Guntur, Sabtu (10/8/2019) ternyata diakibatkan oleh masyarakat yang membuka lahan di lereng Gunung Guntur.

Kapolsek Tarogong Kaler, Ipda Asep Saepudin menegaskan bahwa kebakaran lereng Gunung Guntur, menjelang musim hujan tiba hanya mitos belaka. Menurutnya kebakaran yang terjadi justru diakibatkan oleh pembukaan lahan yang dilakukan sekelompok masyarakat dengan cara membakar ilalang.

Baca juga:

Lagi, Kasus Pemalakan di Gunung Guntur Kembali Terjadi

 

“Jadi sebenarnya ini ulah pemilik lahan yang membuka lahan dengan cara dibakar, api membesar dan merembet ke tanaman ilalang di lereng Gunung Guntur,” ujarnya, Minggu (11/08/2019).

Sekelompok masyarakat lereng Gunung Guntur dan anggota Polsek Tarogong Kaler Garut, sengaja melakukan pendakian untuk membuktikan hal itu.

 


Kapolsek Tarogong Kaler, Ipda Asep Saepudin mengecek kondisi kebakaran di lereng Gunung Guntur.

 

Hasilnya, polisi menemukan warga yang sedang membuka lahan di Blok Citiis di antara perbatasan Gunung Guntur dan Gunung Masigit. Petugas juga menemukan adanya lokasi pembukaan lahan di perbatasan antara Gunung Guntur dan Gunung Putri.

“Kami langsung mengingatkan warga agar tak membakar ilalang dari lahan mereka,” ungkap Asep.

Baca juga:

Bupati Garut Restui 150 Hektar Cagar Alam Gunung Guntur Jadi TWA

 

Menurutnya, kebakaran Gunung Guntur juga diakibatkan oleh pembakaran lahan yang dilakukan oleh warga penggali pasir illegal. Para penambang pasir sengaja membakar lahan agar, nanti saat hujan turun tak usah repot-repot mengumpulkan pasir.

“Ini juga ulah penambang pasir liar yang sudah berlangsung puluhan tahun, jadi membakar lahan agar illang yang menahan pasir mati sehingga pasir akan mudah terbawa air kebawah, ” katanya

Asep menegaskan bahwa pihaknya akan menindak tegas bagi siapapun warga yang melakukan pembakaran ilalang disekitar lereng Gunung Guntur. Apapun alasannya, pembakaran ilalang tersebut selama ini menjadi penyebab terbakar nya lereng Gunung Guntur.***(M Nur el Badhi)

Editor: Restu Sauqi

Comment