oleh

Satu Unit Rumah di Cimahi Selatan Dilalap Api

BandungKita.id, CIMAHI – Satu unit rumah di Komplek Pondok Cipta Mas A2 No.1 RT1 RW16, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi dilalap api pada Selasa (13/8/2019) pagi.

Dari kesaksian warga sekitar, Dadan (61) mengaku melihat kepulan asap di atap rumah Retnoto (pemilik rumah yang terbakar) saat dirinya mengasuh cucunya tak jauh dari TKP.

“Penyebab pastinya sih enggak tau ya tapi sudah ada asap mengepul dari atas genting,” ujar Dadan.

Curiga ada yang janggal, Dadan menghampiri rumah tersebut. Betul saja, Dadan mengaku melihat jilatan api yang menyala-nyala dari ruang tengah.

“Bersama-sama warga lainnya, kita coba padamkan dengan alat seadanya. Kaca depan terpaksa kita pecahin. Tapi kita kehalang sama tralis yang ada di balik kaca,” paparnya.

Kobaran api melalap satu unit rumah di Komplek Pondok Cipta Mas A2 No 1 RT1 RW16, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi dilalap api pada Selasa (13/8/2019) pagi.

Dadan menjelaskan, pada saat kejadian, penghuni rumah sedang tidak berada di lokasi. Menurutnya, pemilik hanya datang pada hari sabtu atau minggu.

Komandan Regu Damkar Kota Cimahi, Indrahadi mengatakan pihaknya mendapati laporan kebakaran sekitar pukul 08.07 WIB.

“Kami terima laporan pukul 8.07 WIB, tiba di lokasi 8.15 WIB, sedikit ada kendala, ada portal di depan agak sulit pas masukin kendaraan. Api kondisi sudah besar, kepulan asap tinggi,” ujar Indrahadi dilokasi.

Regu Damkar Kota Cimahi berusaha memadamkan api.

Api berhasil ditaklukan pada pukul 9.40 WIB dengan menerjunkan tiga unit pancar dan dua unit rescue. Indra mengatakan, penyebab kebakaran diduga berasal dari arus pendek listrik di ruang tamu dan dapur.

“Terakhir pemilik mengunjungi rumah hari Jumat, rumah kosong dari hari jumat sampai selasa,” ujar Indra.

Tiga mobil yang terparkir di garasi nyaris terbakar

Akibat peristiwa tersebut, Indra mentaksir jumlah kerugian mencapai Rp. 1,5 miliar. Dari pantauan BandungKita.id, api menghanguskan seisi rumah.
Sementara dapur, ruang tengah, beberapa kamar, satu motor dan tiga mobil yang terparkir di garasi nyaris terbakar. (Bagus Fallensky/BandungKita.id)

Editor: Dian Aisyah

Komentar