oleh

Menetralkan Kembali Kolestrol dengan 5 Makanan Ini

BandungKita.id, HEALTH – Setelah beberapa hari ini menyantap segala menu perdagingan, kini saatnya kamu mulai menetralkan kembali kolestrol berlebih yang menumpuk ditubuh.

Caranya mengonsumsi makanan-makanan yang mengembalikan kolestrol ke batas normal kembali. Apa saja? berikut ulasannya.

1. Sayuran hijau seperti mentimu dan sawi hijau

Kandungan antioksidan yang terkandung dalam sayuran hijau mampu mengikat asam empedu yang terbuat dari kolesterol sehingga bisa mencegah terakumulasinya kolesterol dalam darah. Untuk itu, setelah makan daging, usahkan juga untuk mengonsumsi sayuran seperti bayam, mentimun, atau brokoli.

2. Kacang-kacangan

Menurut penelitian, makan 2-3 porsi kacang per hari dapat menurunkan kolesterol dengan cepat. Rata-rata kolesterol yang diturunkan sekitar 10,2 mg/dl. Sementara itu, makan satu porsi kacang setiap hari pun membantu menurunkan risiko penyakit jantung fatal dan non-fatal sekitar 28%.

BACA JUGA:

Kisah 3 Siswa SMA Palangkaraya yang Temukan Obat Kanker Mujarab di Hutan Kalimantan

 

5 Tips Menjaga Kesehatan Agar Tidak Gampang Tertular Penyakit

 

3. Kandungan omega 3 ikan laut

Ikan berlemak, seperti salmon dan makarel adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik untuk tubuh. Supaya kandungan gizi ikan nggak berkurang, kamu bisa memasak ikan dengan cara mengukus atau merebus. Ikan yang digoreng justru akan meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke lo!

4.Otmeal

Oatmeal mengandung serat larut yang dipercaya dapat menurunkan kadar LDL dalam tubuh. Serat pada oatmeal juga dipercaya dapat mengurangi penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah lo! Untuk itu, setelah makan daging, baiknya kamu mengonsumsi oatmeal di pagi hari setelahnya, ya!

5. Olahan kacang kedelai seperti tahu

Zat isoflavon ini bisa kamu temui di makanan yang berasal dari kedelai seperti tahu, tempe, oncom, susu kedelai, dan kembang tahu.

Meski begitu, ada hal yang harus kamu hindari ketika mengolah bahan makanan ini. Usahakan untuk nggak menggorengnya atau menggunakan minyak goreng jika ingin zat gizinya enggak berkurang. (Dian Aisyah/Bandungkita.id)

Editor: Dian Aisyah

Sumber: Hipwee

Komentar