by

Bupati Garut Usulkan Nama Gunung untuk Kereta Api Cibatu-Garut

BandungKita.id, GARUT – Bupati Garut, Rudy Gunawan usulkan Kereta Api yang yang akan beroperasi di jalur Stasiun Cibatu-Garut pada awal 2020 diberi nama gunung di Kabupaten Garut.

“Harus nama daerah atau nama gunung lah untuk nama keretanya. Kayak kereta Pangandaran,” ujar Rudy, saat ditemui di Lapangan Setda Garut, Senin (16/9/2019).

Usulan nama tersebut yakni Gunung Guntur, Cikuray, dan Papandayan.

“Bagus kan kalau namanya dari gunung. Bisa kereta Cikuray atau Guntur atau apalah. Biar semakin tahu kalau kereta itu tujuannya ke Garut,” katanya.

BACA JUGA:

Rudy Minta Pelayanan BPJS Diperbaiki

 

Selain mengajukan nama kereta, Rudy juga akan meminta jalur khusus kepada PT KAI. Ia berharap PT KAI bisa membuka jalur Garut-Jakarta saat kereta beroperasi.

“Nanti kami minta ada jalur khusus dari Garut ke Jakarta. Kayak kereta Pangandaran. Saya pakai kereta Pangandaran dari Cibatu ke Jakarta enak,” ucapnya.

Dengan dibukanya jalur langsung ke Jakarta, Rudy menyebut akan memudahkan akses wisata dan ekonomi masyarakat. Jika banyak peminatnya, bisa jadi ada jalur lain yang akan dibuka.

“Sekarang jalur Garut-Jakarta dulu. Kalau yang lain kan bisa transit dulu di Cibatu. Semua kereta kan lewat Stasiun Cibatu,” ujarnya.

BACA JUGA:

Garut Kekurangan 3.800 Berstatus ASN

 

 

Dari hasil koordinasi dengan PT KAI, Rudy mengaku pada bulan Oktober hingga Desember akan dilakukan uji coba kestabilan rel. Diperkirakan pada tahun depan, kereta sudah mulai beroperasi.

Hingga kini, proses reaktivasi jalur kereta Cibatu-Garut telah memasuki tahap pemasangan rel dari Cibatu hingga Wanaraja. Pembebasan lahan, lanjutnya, juga telah selesai dilakukan.

“Yang di kota semua sudah dibebaskan dan diratakan. Tinggal pasang relnya,” katanya.

Pada bulan Desember, Stasiun Cibatu dan Garut juga akan dirombak total. Bentuknya akan lebih modern dari stasiun lama yang masih berdiri hingga kini. (M Nur el Badhi)

Editor: Dian Aisyah

Comment