Olahraga Simpel di Pagi Hari Ini Efektif untuk Cegah Serangan Jantung

BandungKita.id, HEALTH – Riset terbaru menunjukkan bahwa untuk menjaga jantung tetap sehat kamu tak perlu datang ke gym, namun aktivitas fisik apapun bisa termasuk berjalan kaki dan bahkan berdiri. Studi yang dipublikasikan di British Medical Journal (BMJ) menyebutkan bahwa duduk lebih dari 9,5 jam bisa meningkatkan risiko mati muda apabila tidak disertai dengan aktivitas fisik.

Aktivitas fisik memang telah diketahui sejak lama bahwa bisa memperpanjang usia, namun dalam studi ini disebutkan semua aktivitas fisik dengan intensitas paling rendah sekalipun bisa membantu mencegah serangan jantung.

Ilustrasi olahraga (foto:net)

Dikutip dari Independent, para peneliti dalam studi tersebut membandingkan aktivitas ringan seperti berjalan pelan, atau kegiatan sehari-hari seperti memasak atau mencuci piring. Kemudian aktivitas sedang, termasuk berjalan cepat atau mengepel dan aktivitas berat seperti jogging, membawa beban berat atau menggali.

BACA JUGA :

Kenapa Olahraga Lebih Baik Dilakukan di Pagi Hari? Ini Jawabannya Menurut Ahli

 

 

Sebelum Olahraga Pagi, Baiknya Sarapan Dulu atau Tidak? Ini Jawabannya Menurut Pakar Nutrisi

 

“Ditemukan bahwa aktivitas fisik apapun intensitasnya, terkait dengan penurunan risiko kematian dini. Penurunan terbesar dalam risiko kematian (sekitar 60-70 persen) ada di antara yang tidak terlalu aktif sampai peserta yang sangat aktif,” tulis studi tersebut.

Para peneliti menyarankan untuk segera mengampanyekan agar ‘sedikit duduk dan bergerak semakin banyak dan semakin sering’. Hal ini juga berkaitan dengan peringatan dari pemerintah Inggris bahwa empat dari lima orang memiliki risiko mati muda akibat serangan jantung maupun stroke.

Bersepeda juga bisa menjadi salah satu olahraga pilihan dalam menjaga jantung sehat. (*)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : detikhealth/independent

Comment