by

Tips dan Trik Menyelamatkan Diri Saat Terjadi Demo Besar-Besaran

BandungKita.id, TIPS & TRIK – Aliansi Mahasiswa Jawa Barat melakukan aksi demonstrasi dalam rangka menolak revisi UU KPK dan RKUHP, kericuhan pun terjadi pada aksi yang digelar di halaman Gedung DPRD Provinsi Jawa Barat Jalan Diponegoro Kota Bandung (24/9/2019).

Apa yang harus kita lakukan ketika terjadi demo besar seperti ini ?. Aksi demo biasanya dilakukan saat masyarakat tidak setuju dengan kebijakan atau keputusan yang dikeluarkan oleh pemerintah.

Banyak kasus dimana pemerintahan di suatu negara mengeluarkan kebijakan dan keputusan yang tidak disetujui masyarakatnya. Alhasil, mereka turun ke jalan dan melakukan aksi demonstrasi.

BACA JUGA :

Lagi, Aksi Demonstrasi di Bandung Berujung Ricuh

 

Buat anda yang takut akan adanya demo ketika sedang keluar rumah, kami punya tips agar anda bisa selamat saat ada aksi demo besar-besaran yang sudah BandungKita.id sadur dari situs World Nomads :

1. Jauhi Kerumunan

Saat anda sedang melakukan perjalanan dan ada aksi demo besar-besaran di depan anda, sebaiknya langsung menjauh dan cari jalan alternatif.

Jika anda sudah terlanjur atau secara tiba-tiba berada di dalam kerumunan demo, sebaiknya jauhi orator agar anda tidak dianggap sebagai pendemo juga.

2. Cari Gedung

Di saat sedang ada aksi demo besar-besaran dan anda ingin menghindarinya, langsung cari gedung di mana anda bisa masuk ke dalamnya.

Anda bisa menunggu sampai kerumunan para pendemo selesai melakukan unjuk rasanya, setelah itu anda bisa melanjutkan perjalanan.

BACA JUGA :

Wah ! Polda Sebut Ada Kelompok Anarko Pada Aksi Di Depan Gedung DPRD Jabar

 

3. Jangan Lari Saat Keluar dari Kerumunan

Ketika anda berada dalam kerumunan pendemo, ada baiknya anda langsung berjalan keluar dari kerumunan itu agar bisa aman dari hal-hal yang nggak diinginkan.

Jangan lari, karena hal itu bisa membuat anda jadi terlihat mencolok di mata pendemo lainnya atau bahkan aparat keamanan.

4. Jangan Berkendara ke Arah Kerumunan

Kalau anda berada dalam mobil, jangan berkendara ke arah kerumunan, hindari kerumunan dan langsung putar balik dan kendarai kendaraan dengan tenang.

Jika tidak bisa menghindari kerumunan, langsung pinggirkan kendaraan anda dan parkirkan saja. Menurut World Nomads, anda harus langsung mengunci mobil dan tinggalkan.

Langsung cari tempat berlindung seperti gedung di mana anda bisa masuk kedalamnya. ***(Azmy Yanuar Muttaqien/BandungKita.id)

 

Sumber : World Nomads

Comment