by

Terlalu Kurus? Inilah 8 Tips Ampuh Menggemukan Badan

BandungKita.id, TIPS & TRICK – Nggak hanya terlalu gemuk yang bikin badan kita nggak sehat, terlalu kurus juga bisa bikin kita berisiko terkena berbagai penyakit lho. Supaya berat badan kita ideal dan tubuh kita lebih sehat, kita yang terlalu kurus harus menggemukkan badan lho.

Menggemukkan badan nggak berarti kamu harus makan junk food yang berlemak dan nggak sehat lho. Ada banyak tips menggemukkan badan yang bisa kamu lakukan supaya berat badan kamu bisa bertambah secara sehat dan kesehatan kamu nggak terganggu dengan penyakit karena makanan kamu. Penasaran? Yuk simak 8 tips menggemukkan badan yang dikutip BandungKita.id dari Cashbac.co :

 

BACA JUGA :

5 Tips Cara Mencegah Kenaikan Berat Badan di Kantor

 

 

1. Makan lebih sering

Ilustrasi makan banyak (foto:net)

 

Pada dasarnya, menggemukkan badan berarti kita harus mengkonsumsi kalori lebih banyak daripada mengeluarkan kalori. Menurut livestrong.com, untuk menaikkan berat bedan sebanyak 0.5 kg seminggu, kita harus menambah 500 kalori yang kita konsumsi tiap harinya. Bingung gimana cara menambah kalori tiap hari? Kita cukup makan lebih sering setiap harinya.

Supaya efektif dalam menggemukkan badan, kita sebaiknya makan 5-6 kali setiap hari. Ini bukan berarti kita harus makan berat sesering itu lho, tapi kita sebaiknya makan berat 3 kali dan ngemil 2-3 kali setiap hari. Supaya sehat, pastikan juga makanan yang kita makan sehari-hari bernutrisi dan jangan gunakan kesempatan ngemil lebih sering untuk lebih banyak makan junk food, makanan manis, atau soda ya.

 

2. Minum air putih setelah makan

Ilustrasi minum air putih (foto:net)

 

Nggak hanya pola makan yang harus kita ubah supaya badan makin gemuk, kebiasaan minum air putih kita juga harus diubah lho. Walaupun mengandung 0 kalori, tiap gelas air putih memiliki berat 0.5 kg, jadi konsumsinya juga harus kita perhatikan.

Nah, supaya lebih gampang menggemukkan badan, sebaiknya kita biasakan minum air putih setelah makan, bukan sebelum makan ya. Kebiasaan minum air sebelum makan justru bisa membuat badan kita semakin kurus karena bikin kita cenderung lebih kenyang sehingga makan lebih sedikit juga.

Tapi, jangan langsung minum air putih setelah makan ya. Menurut tabloid Sedap, langsung minum air setelah makan justru bikin pencernaan kita nggak lancar dan bisa bikin kadar gula darah naik. Jadi, sebaiknya minum air 10-15 menit setelah makan supaya kita bisa menggemukkan badan secara sehat.

 

BACA JUGA :

Simak Tips Turunkan Berat Badan dengan Berjalan Kaki

 

 

3. Perbanyak minum susu dan smoothies

Ilustrasi minum susu (net)

 

Selain menambah kalori yang kamu konsumsi tiap harinya dengan makan lebih sering, kita juga bisa meminum kalori kita. Dilansir dari LiveScience, ketika kita minum minuman yang berkalori seperti smoothie, susu, atau soda, kalori yang kita konsumsi bertambah, tapi tubuh kita nggak mendeteksi tambahan kalori itu seperti ketika mendeteksi kalori dari makanan lho. Minum minuman berkalori juga nggak bikin kita bakal mengurangi konsumsi makanan kita, jadi kita bisa tetap makan seperti biasa dan menggemukkan badan tanpa merasa perut kita terlalu penuh.

Ada banyak jenis minuman berkalori yang bisa kita konsumsi untuk menggemukkan badan, mulai dari jus sampai minuman energi. Tapi nggak semua minuman ini sehat. Nah, supaya kita bisa menambah berat badan tanpa menambah penyakit juga, sebaiknya minum minuman seperti susu atau smoothies tanpa gula yang mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh kita juga. Selain itu, susu dan smoothies juga memiliki banyak protein dan kalori sehingga kamu nggak harus minum terlalu banyak dan kekenyangan untuk menambah kalori yang kamu konsumsi.

 

4. Lakukan olahraga yang melatih kekuatan

Ilustrasi yoga (foto: net)

 

Ngapain olahraga kalau mau menggemukkan badan? Bukannya olahraga justru membakar kalori? Jangan salah, menggemukkan badan bisa kamu lakukan dengan menambah massa otot melalui olahraga lho. Cara menggemukkan badan dengan olahraga juga bikin berat badan kita bisa naik tanpa bikin kita berisiko terkena berbagai penyakit karena lemak di tubuh yang terlalu banyak lho.

Supaya badan kita bisa lebih gemuk, jangan melakukan sembarang olahraga. Hindari olahraga kardio seperti berlari, senam aerobik atau zumba, dan bersepeda karena olahraga jenis ini justru bakal bikin tubuh kita lebih kurus. Tapi, sebaiknya perbanyak olahraga yang melatih kekuatan seperti yoga, pilates, crossfit, atau latihan angkat beban karena olahraga seperti inilah yang akan menambah massa otot kita dan bikin berat badan kita naik juga.

 

BACA JUGA :

4 Kebiasaan Ini Efektif Menurunkan dan Menjaga Berat Badan Tetap Ideal

 

 

5. Konsumsi makanan berprotein tinggi

Ilustrasi makan ikan (foto:net)

 

Supaya usaha kita berolahraga nggak sia-sia dalam menambah massa otot dan menggemukkan badan, kita juga harus menambah konsumsi makanan yang mengandung protein. Protein inilah yang membantu otot kita memperbaiki diri setelah olahraga dan membuat massa otot bertambah.

Nah, sumber protein yang paling banyak adalah di daging merah berlemak dan ikan. Kedua jenis daging itu nggak hanya mengandung protein, tapi juga zat lainnya seperti kreatin dan Omega 3 yang bikin kamu lebih sehat juga. Untuk kamu yang vegetarian, kamu tetap bisa mendapatkan protein dari sumber nabati lho, seperti kacang-kacangan, yogurt, dan telur juga.

 

6. Sarapan setiap pagi

Ilustrasi sarapan pagi (foto:net)

 

Siapa yang masih sering nggak sarapan karena malas atau nggak suka? Untuk kamu yang mau menggemukkan badan, sarapan penting banget lho supaya kamu bisa menambah berat badan secara sehat. Menurut studi di Monash University Australia, cukup dengan sarapan, kamu udah bisa menambah 260 kalori dalam sehari yang ikut menambah berat badan kamu ketika diserap. Jadi, sarapan yang sering kita lupakan ini justru lumayan membantu dalam menggemukkan badan lho.

Nah, supaya sarapan kamu nggak hanya berkalori tinggi, tapi sehat juga, perhatikan juga makanan yang kamu konsumsi. Ada beberapa menu sarapan yang gampang disiapkan dan bisa kamu coba untuk sarapan yang berkalori tinggi dan bergizi juga, seperti omelet sayur, peanut butter toast, yogurt dengan buah-buahan dan granola, oatmeal, sereal dengan pisang, atau roti dengan alpukat.

 

BACA JUGA :

Bukan Hanya Stres, Menyetir Juga Bikin Badan Gemuk : Ini Sebabnya

 

 

7. Stop merokok

Ilustrasi (foto:net)

 

Kita sering mendengar banyak efek positif untuk kesehatan ketika berhenti merokok. Tapi, tahukah kamu kalau berhenti merokok juga bisa membantu kita yang berbadan terlalu kurus untuk menggemukkan badan? Ini karena kandungan nikotin dalam rokok mempercepat metabolisme kita sehingga terlalu cepat membakar kalori dan menyerap nutrisi. Zat-zat dalam rokok juga membuat kita lebih malas makan sehingga tubuh kita menjadi semakin kurus.

Seseorang yang berhenti merokok biasanya akan cenderung ingin makan terus karena rasa kecanduan rokok mirip dengan rasa kelaparan dan ingin makan. Selain itu, karena udah lepas dari zat-zat yang mengurangi selera makan di rokok, makanan pun jadi terasa enak lagi setelah berhenti merokok dan bikin kita lebih semangat makan. Nah, supaya kecenderungan makan yang menggemukkan badan ini nggak bikin kita berisiko terkena penyakit, biasakan diri kita untuk makan sayur, buah, atau makanan whole-grain seperti granola dan oats ketika lapar ya.

 

8. Tidur cukup setiap malam

Ilustrasi Tidur. (foto:net)

 

Sering begadang? Kebiasaan tidur kurang dari 7 jam setiap malam inilah yang ikut bikin tubuh kita terlalu kurus lho. Menurut 8fit.com, ketika kita nggak mendapatkan tidur yang cukup, tubuh kita nggak bisa berfungsi dengan baik keesokan harinya – termasuk dalam menyerap kalori yang kita konsumsi dan memperbaiki otot kita setelah olahraga. Selain itu, kurang tidur juga bikin kita susah menyerap nutrisi dari makanan yang kita konsumsi hari itu, termasuk protein yang menambah massa otot dan bikin berat badan kita naik. Kita juga menjadi nggak kuat berolahraga dan beraktivitas keesokan harinya ketika kurang tidur.

Jadi, banyak banget manfaat tidur 7-9 setiap malamnya dalam menggemukkan badan kita. Nah, kalau kita susah tidur, ada beberapa hal yang bisa kita lakukan supaya tetap tidur cukup setiap malam seperti tidur di kamar yang gelap, stop menggunakan alat elektronik 2 jam sebelum tidur, membiasakan tidur di jam yang sama, dan stretching sebelum tidur. Yang paling penting, jangan makan tepat sebelum tidur dan minum air terlalu banyak supaya lebih gampang tidur. ***(Azmy Yanuar Muttaqien/BandungKita.id)

Comment