Aliansi Akademisi Indonesia Kecam Pendekatan Kekerasan Terhadap Aksi Mahasiswa

Nasional468 Views

Bandungkita.id, BANDUNG – Aliansi Akademisi Indonesia mendukung demonstrasi mahasiswa dan masyarakat yang berlangsung selama hampir sepekan di berbagai wilayah di Indonesia. Mereka juga mengecam pendekatan kekerasan yang dilakukan aparat terhadap massa demonstran.

“Karena kami mendukung proses demokrasi dan turut melawan berbagai bentuk penindasan adalah tugas utama kaum terpelajar,” ujar Andina Dwifatma, anggota Aliansi Akademisi Indonesia, Minggu (29/9/2019).

Andina mendorong kampus bersuara tatkala peserta didiknya diberangus oleh alat negara secara sewenang-wenang, termasuk membawa masalah ini ke ranah hukum.

Baca juga:

Korban Luka Demo Mahasiswa di Bandung Mencapai 230 Orang

 

Andina pun menyayangkan adanya beberapa kampus yang mengancam menghukum mahasiswanya yang mengikuti demonstrasi. Beberapa kampus lain tertangkap basah main aman, yakni memberi izin tapi meminta mahasiswa tidak mengaitkan kegiatannya dengan nama kampus.

Situasi ini, menurut dia, diperparah dengan pernyataan Menristekdikti Mohamad Nasir yang mengancam memberi sanksi bagi rektor dan dosen yang mahasiswanya terlibat demonstrasi mahasiswa dan maasyarakat.

“Ini jelas merupakan upaya pembungkaman sikap kritis kaum terpelajar terhadap kekuasaan, termasuk juga bentuk pelanggaran atas hak sipil untuk berkumpul dan menyatakan pendapat,” pungkasnya.

Sumber: Tempo

Comment