oleh

Wow! Google Doodle Hari Ini Dibuat Dari Kain Batik Asli, Begini Prosesnya

BandungKita.id, TEKNOLOGI – Google turut menyemarakkan Hari Batik Nasional yang jatuh pada Rabu (2/10/2019) dengan Doodle. Logo Google pun berubah menjadi motif batik bernuansa biru.

Menariknya, doodle tersebut bukan hasil buatan komputer, Ternyata, doodle ini sengaja dibuat Google untuk merayakan Hari Batik Nasional yang jatuh pada 2 Oktober. Dalam situs resminya, Google menjelaskan teknik pembuatan doodle ini pun spesial.

BACA JUGA :

Google Berusia 21 Tahun Dengan 3 Tanggal Lahir Yang Berbeda, Begini Alasannya

 

Bukan dibuat secara digital, Google Doodle edisi Hari Batik Nasional ternyata dibuat menggunakan teknik manual melalui proses membatik. Seniman Lydia Nichols menjadi sosok yang bertanggung jawab dalam menciptakan desain Google Doodle edisi Hari Batik Nasional ini.

Pertama, lilin dioleskan langsung ke kain muslin. Kemudian, ia mencelupkan kain ke air yang telah diberikan osage oranye sehingga memunculkan warna kuning muda.

 

Google Doodle spesial hari batik nasional, Rabu (2/10/2019). (dok : Google)

 

Lydia kembali melapisi kain dengan lilin menggunakan tjanting dan diberikan pewarna indigo. Karena proses oksidasi, warna kain yang tadinya hijau menjadi biru.

Setelah semua aplikasi lilin dan sekarat selesai, kain direbus untuk menghilangkan lilin yang menempel.

Setelah lilin naik dan mengeras, dapat langsung dihilangkan, dan kain digantung hingga kering. Setelah kain tersebut selesai, kemudian dipercantik menjadi draft doodle yang kini hasil akhirnya muncul di halaman muka pencarian Google Indonesia.

BACA JUGA :

Viral! Bayi Ini Dinamai Google, Ini Arti dan Harapan Orang Tuanya

 

Setiap tahunnya, sejak 2009, Indonesia memang selalu memperingati Hari Batik Nasional pada 2 Oktober. Di tanggal tersebut merupakan ditetapkannya batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi (Masterpieces of the Oral and Intangible Heritage of Humanity) oleh UNESCO.

“Selamat Hari Batik Nasional, Indonesia!,” ucap Google dalam laman resminya. (Azmy Yanuar Muttaqien/BandungKIta.id)

 

Dilansir dari berbagai sumber

Komentar