by

Ini 6 Manfaat Utama Bangun Pagi bagi Kesehatan Kamu

BandungKita.id, HEALTH – Apakah Anda termasuk orang yang rajin bangun pagi? Alangkah baik apabila bangun pagi tidak hanya karena tuntutan rutinitas pekerjaan.

Namun, Anda perlu untuk jadikan bangun pagi sebagai salah satu kebiasaan sehat Anda, karena bangun pagi dapat memberikan banyak manfaat bagi tubuh Anda. Penasaran dengan manfaat yang bisa Anda dapatkan bila rutin bangun pagi? Yuk simak, ini enam manfaat utama bangun pagi, cekidot :

  1. Punya Banyak Waktu untuk Sarapan Pagi
Ilustrasi bubur ayam (foto:net)

Sarapan pagi bukanlah kebiasaan yang boleh dianggap remeh. Tubuh Anda membutuhkan asupan energi seimbang sebelum Anda mulai beraktivitas. Bangun lebih pagi membuat Anda punya banyak waktu untuk menyantap sarapan pagi.

2. Sempat Berolahraga Sebelum Beraktivitas

Ilustrasi olahraga pagi (foto: net)

Anda tidak perlu banyak waktu untuk berolahraga sebelum beraktivitas. Meluangkan waktu selama 15 hingga 30 menit setiap pagi tentu sudah cukup.

BACA JUGA :

Kamu Harus Tahu, Ini Dia 16 Manfaat Luar Biasa Bangun Pagi Bagi Kesehatan

Ini Dahsyatnya Manfaat Gerakan Salat Bagi Kesehatan Tubuh

Ini 8 Manfaat Luar Biasa Minum Air Putih Setelah Bangun Tidur

Anda bisa melakukan berbagai olahraga ringan seperti jalan kaki, yoga, atau bersepeda di sekitar rumah. Rutin berolahraga di pagi hari akan membuat tubuh Anda lebih bugar. Sendi dan otot-otot Anda pun siap beraktivitas sepanjang hari.

3. Menghirup Udara Segar

Ilustrasi menghirup udara segar (foto:net)

Ketika Anda bangun pagi, maka Anda berkesempatan memperoleh udara segar yang masih bersih dan bebas polusi. Menghirup udara segar di pagi hari sangat bermanfaat bagi sistem pernapasan.

Tubuh Anda akan mendapatkan asupan oksigen yang cukup sejak pagi. Sehingga peredaran darah pun semakin lancar.

4. Kesehatan Tulang Tetap Terjaga

Ilustrasi kesehatan tulang (foto:net)

Sinar matahari pagi sebelum jam setengah delapan pagi sangat berkhasiat untuk menjaga kesehatan tulang. Karena sinar matahari tersebut dapat menstimulasi pembentukan vitamin D dalam tubuh.

BACA JUGA :

Ini Dia 6 Manfaat Luar Biasa Menghirup Udara Pagi bagi Kesehatan

Setelah Bangun Tidur di Pagi Hari, Sebaiknya Makan atau Mandi Dulu?

Ini 7 Manfaat Luar Biasa Minum Air Hangat di Pagi Hari bagi Kesehatan

Berbeda dengan sinar matahari pada siang dan sore hari, sinar matahari pagi tidak banyak mengandung UV A dan UV B yang berdampak buruk bagi kesehatan kulit. Maka Anda pun tidak perlu mengkhawatirkan kondisi kulit Anda bila terkena sinar matahari pagi.

5. Memaksimalkan Fungsi Otak

Ilustrasi (foto:net)

Jangan menganggap remeh manfaat oksigen bagi kesehatan otak. Oksigen berguna untuk memperlancar aliran darah dari dan ke otak. Jika otak Anda memperoleh asupan oksigen secara maksimal, kinerja otak pun akan semakin lancar. Daya ingat, konsentrasi, dan kreativitas Anda lebih mudah terasah kalau otak senantiasa berada dalam keadaan sehat.

6. Mengurangi Risiko Insomnia

Ilustrasi susah tidur (foto:net)

Ternyata bangun pagi juga sangat bermanfaat untuk mengurangi insomnia atau susah tidur. Tubuh yang sudah beraktivitas sejak pagi tentu jadi mudah merasa lelah pada malam hari. Rasa lelah tersebut yang akan membuat Anda mudah tidur nyenyak.

BACA JUGA :

Sarapan Itu Kunci Hari yang Produktif, Ini Manfaat dan Panduan Sehatnya

Inilah 7 Tips Agar Anda Tetap Segar dan Bebas Kantuk di Pagi Hari

Risiko insomnia yang mengganggu metabolisme tubuh pun dapat diminimalkan. Pola tidur Anda akan lebih teratur dan kesehatan Anda senantiasa terjaga.

Masih ragu bangun pagi setelah mengetahui 6 manfaat tersebut? Mulai sekarang, mari membiasakan diri untuk bangun pagi untuk mendukung kesehatan Anda. (*)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : jnc.co

Comment