by

Baca Doa Awal Rajab yang Selalu Dibaca Rasulullah SAW Ini Agar Meraih Keberkahan

BandungKita.id, KAJIAN ISLAM – Bulan Rajab telah hadir menyapa kita. Bulan ini adalah waktu yang tepat untuk menambah catatan ibadah dan amal shaleh.

Bulan Rajab 1441 H tahun 2020 ini bertepatan dengan tanggal 25 Februari. Hal ini disampaikan oleh Lajnah Falakiyah Nahdlatul Ulama.

Dalam rilisnya, Lajnah Falakiyah NU menyebutkan bahwa keputusan tersebut diambil setelah dilakukan rukyah pada Ahad sore, 23 Februari 2020, namun hilal tidak terlihat.

“Awal Rajab 1441 H bertepatan dengan hari Selasa Legi (mulai malam Selasa Legi), 25 Februari 2020 atas dasar istikmal, sebab rukyah pada Ahad petang tidak dapat melihat hilal,” tulis Lajnah Falakiyah NU dalam rilisnya.

Bulan Rajab merupakan salah satu dari empat bulan mulia di samping bulan Ramadan. Di bulan ini, ada banyak rahmat Allah tersebar di muka bumi.

BACA JUGA :

Berikut 5 Tips Islami Agar Anak Rajin Baca Al-Qur’an

Yuk Bersedekah! Subhanallah, Ini Dia 12 Hikmah dan Keajaiban Sedekah Dalam Islam

Marhaban ya Rajab, Baca Doa Ini di Awal Rajab Seperti Dicontohkan Rasulullah

Dalam urutan kalender Hijriah, Rajab menduduki urutan ketujuh. Dua bulan setelahnya, umat Islam menyambut datangnya Ramadan.

Sepanjang Rajab, kita dianjurkan untuk tidak mendekati amalan-amalan yang merusak kesuciannya. Terutama, kita diharuskan untuk menghindari segala bentuk kemaksiatan.

Masuknya bulan Rajab berarti semakin dekat dengan bulan Ramadhan. Bahkan Rasulullah SAW sendiri punya doa khusus yang dibaca saat bulan Rajab. Doa tersebut dibaca oleh Rasulullah SAW hingga masuk bulan Ramadhan.

Berikut doa yang diucapkan Rasulullah SAW saat bulan Rajab tiba.

أللَّهُمَّ بَارِكْ لَنَا فِيْ رَجَبَ وَشَعْبَانَ وَبَلِّغْنَا رَمَضَان

Allahumma barik lana fi rajaba wa sya’bana wa balighna Ramadhana.

“Ya Allah, berkailah umur kami di bulan Rajab dan Sya’ban, serta sampaikanlah (umur) kami hingga bulan Ramadhan.”

Di Indonesia, biasanya doa ini dibaca oleh jemaah masjid setelah melaksanakan shalat fardhu. (*)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment