by

Bikin Geger! Kim Jong Un Tembakkan Rudal Balistik ke Arah Laut Jepang, Korea Selatan Bereaksi

BandungKita.id, INTERNASIONAL – Di tengah wabah virus corona atau Covid-19, Korea Utara tiba-tiba bikin geger dunia. Korea Utara diketahui baru saja menembakkan dua rudal ke arah laut.

Diberitakan SwissInfo, Sabtu 21 Maret 2020, berdasarkan informasi dari militer Korea Selatan, tetangganya itu baru saja meluncurkan dua rudal balistik jarak pendek dari Provinsi Pyongan menuju arah timur laut atau ke arah laut Jepang.

Dikutip dari vivanews, rudal milik Kim Jong Un itu terbang sejauh lebih dari 410 kilometer dengan ketinggian maksimum sekitar 50 kilometer.

Dan penjaga pantai Jepang telah mengkonfirmasikan bahwa salah satu rudal milik Korea Utara itu sudah mendarat di luar perairan Zona Ekonomi Eksklusif atau ZEE.

BACA JUGA :

TKI Terdakwa Kasus Pembunuhan Kakak Kim Jong-Un Dibebaskan, Begini Kata Kemenlu

Hacker Aljazair Dihukum Gantung Karena Bobol Bank Demi Warga Palestina? Berikut Faktanya

Ini Dia Deretan Senjata dan Pesawat Tempur Canggih Milik TNI, Bikin TNI Makin Disegani Dunia

Sementara itu, militer Korea Selatan terus memantau apakah ada rudal-rudal lain yang ditembakkan Kim Jong Un dari negaranya. Dan hingga saat ini belum ada keterangan resmi dari Korea Utara tentang aksi peluncuran rudal itu.

Akibat aksi gila, Kim Jong Un itu memicu kecaman Korea Selatan. Militer Korea Selatan mengecam aksi Kim Jong Un yang menembakan dua rudal balistik yang dilakukan Korea Utara ke arah laut Jepang saat seluruh dunia sedang bersama-sama melawan wabah virus corona.

Rudal Korea Utara dipamerkan (foto:net)

“Tindakan militer semacam itu oleh Korea Utara sangat tidak pantas pada saat Covid-19 menyebabkan kesulitan di seluruh dunia,” kata Kepala Staf Gabungan (JCS) Korea Selatan, seperti diberikan CNBC Sabtu 21 Maret 2020.

Berdasarkan kronologi yang disampaikan militer Korea Selatan, Kim Jong Un meluncurkan rudalnya pada pukul 6:45:50 waktu setempat, rudal ditembakan dari sekitar wilayah Sonchon di Provinsi Pyongan Utara.

Rudal diluncurkan beberapa jam setelah Korea Utara mengumumkan akan melanjutkan acara Majelis Rakyat Tertinggi di Pyongyang. Ratusan petinggi negara itu dikabarkan hadir di acara tersebut.(*)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : vivanews

Comment