by

Wajib Tahu! Ini 6 Gejala Seseorang yang Terinfeksi Virus Corona

BandungKita.id, HEALTH – Pandemi virus corona masih membuat dunia harus bekerja ekstra. Tidak hanya melakukan pengobatan untuk menyembuhkan para penderita, tetapi juga memfokuskan untuk melakukan pencegahan penyebaran penyakit Covid-19.

Sobat BandungKita.id wajib tahu seperti apa gejala virus corona tersebut. Virus corona memiliki gejala yang serupa dengan flu biasa yang sering dialami, namun bisa berakibat fatal. COVID-19 mampu menyebabkan gangguan saluran pernapasan manusia.

Virus corona SARS-CoV-2 menyebar dari manusia ke manusia dan mudah menyerang manusia yang memiliki daya tahan tubuh rendah.

Dilansir dari laman WHO, gejala COVID-19 paling umum adalah demam, kelelahan, dan batuk kering.

Untuk mengetahui Anda terinfeksi virus Corona membutuhkan waktu hingga 14 hari pemeriksaan oleh tenaga medis.

Virus Corona mampu menginfeksi tubuh melalui hidung, mulut, hingga mata. Alhasil, penting untuk menjaga kesehatan, seperti mencuci tangan dengan sabun dan menggunakan alat pelindung diri (APD) ketika berpergian.

BACA JUGA :

10 Makanan yang Dapat Tingkatkan Imunitas Tubuh di Tengah Ancaman Corona

6 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah Saat Pandemi Corona Covid-19

5 Tips Agar Anak Tak Bosan Selama Belajar di Rumah Karena Antisipasi Virus Corona

Jika Anda telah terinfeksi virus Corona, langkah untuk mencegah penyebarannya adalah mengisolasi diri di rumah atau rumah sakit yang direkomendasikan.

Dilansir BandungKita.id dari bola.com gejala yang dialami ketika seseorang terpapar virus Corona Virus Corona SARS-CoV-2 penyebab penyakit COVID19. Simak ulasannya berikut ini :

Gejala Utama

Virus corona memiliki gejala yang dapat muncul dua sampai 14 hari setelah terkena paparan. Diperlukan waktu 14 hari untuk memastikan seseorang positif terinfeksi virus Corona.

Gejala utama yang harus diwaspadai adalah:

  • Batuk
  • Sesak Napas
  • Demam dengan suhu tinggi mencapai 38 derajat celsius atau lebih
  • Hidung beringus
  • Sakit kepala
  • Merasa tidak enak badan

Perlu diperhatikan, beberapa virus Corona dapat menyebabkan gejala yang parah. Infeksi dapat berubah menjadi bronkitis dan pneumonia akibat virus Corona.

BACA JUGA :

Disebut Ampuh Cegah Corona, Ini 10 Khasiat Luar Biasa Jahe Merah Bagi Kesehatan

Belajar dan Kerja di Rumah Bukan Malah Liburan dan Bepergian, Saatnya Cegah Penyebaran Virus Corona

Amerika Serikat Mulai Uji Coba Vaksin Anti Virus Corona, Bagaimana Hasilnya?

Jika telah mengalami gejala tersebut, Anda harus melakukan pengecekan ke tenaga medis dan perlu untuk mengisolasi diri. Untuk orang yang terinfeksi virus Corona memiliki risiko sebagai berikut:

  • 80 persen akan memiliki penyakit ringan dan sembuh total dalam beberapa minggu
  • 14 persen akan memiliki penyakit yang lebih parah
  • 6 persen akan memiliki penyakit kritis
Ilustrasi virus corona (foto:net)

Gejala Selanjutnya

Tingkat keparahan gejala virus Corona dapat berkisar dari sangat ringan hingga berat, dan beberapa orang tidak memiliki gejala. Gejala virus Corona lebih mirip dengan penyakit pernapasan, seperti influenza.

Virus Corona akan memperlihatkan tanda-tanda yang lebih serius dan harus segera mendapatkan bantuan medis. Tanda-tanda peringatan darurat tersebut adalah:

  • Kesulitan bernapas
  • Nyeri atau ada tekanan yang menetap di dada
  • Kebingungan atau ketidakmampuan untuk bangkit
  • Bibir atau wajah membiru

Jika Anda memiliki gejala virus Corona, sebaiknya harus tinggal atau mengkarantina diri di rumah selama 7 hari sampai 14 hari lamanya. Anda harus tinggal di rumah untuk mecegah kemungkinan penyebaran virus Corona ke orang lain. (*)

Editor : M Zezen Zainal M

sumber : bola.com

Comment