by

Gagal Dapat Token Listrik Gratis Via www.pln.co.id dan WhatsApp? Ini Penyebabnya!

BandungKita.id, KAMU HARUS TAHU – Ada bunyi pesan error ini?, “Mohon maaf token kompensasi Anda belum tersedia dan akan diperbaharui secara bertahap paling lambat 11 April 2020,”

Setelah beberapa kali mencoba membuka website www.pln.co.id namun masih saja gagal?, via WhatsApp ke 08122-123-123, masih gagal juga?.

Setidaknya inilah situasi yang dialami beberapa pelanggan yang ada dibeberapa daerah, lalu apa sebenarnya penyebab gagal mendapatkan listirk gratis sebagai konpensasi bagi masyarakat di tengah pandemi corona (COVID-19)?

Baca Juga:

Horee..! PLN Buka Layanan WhatsApp untuk Klaim Listrik Gratis dan Diskon 50%, Catat Nomornya!

Anda Pelanggan Rumah Tangga Daya 450 VA dan 900 VA? Mau Token/Listrik Gratis? Ini Dia Caranya!

Dilansir Kompas.com, Minggu (5/4/2020), Senior Executive Vice President (SEVP) Dept. Bisnis dan Pelayanan Pelanggan PLN Yuddy Setyo Wicaksono mengatakan, error tersebut terjadi karena token masih belum ter-generate. 

Proses generate membutuhkan waktu dan akan berlangsung secara bertahap hingga 11 April 2020. Total ada 11.8 juta token pelanggan 450 VA dan 900 VA yang harus di-generate.  Pelanggan yang mengalami error atau galat ini kemungkinan karena nomor ID-nya tengah dalam antrean proses generate. 

Oleh karena itu, ia meminta para pelanggan untuk bersabar jika menemukan kendala. Bagaimana jika hingga 11 April 2020 masih ada pelanggan yang belum bisa mengajukan klaim token listrik gratis dan diskon? Jika hal itu terjadi, menurut Yuddy, artinya pelanggan tersebut bukan termasuk kategori yang mendapatkan keringanan. “Bisa jadi, bisa juga menanyakan ke PLN dengan menghubungi 123,” kata Yuddy.

Penyebab lain

Juru Bicara PLN UID Jaya Pelakasana Harian Senior Manager (PLH SRM) General Affairs, Suparyanto melalui Humas PLN, Dita Artsana mengatakan, kebijakan keringanan biaya dan listrik gratis berpatokan pada ID pelanggan.

“Jika pelanggan termasuk kode R1M (Mampu) tidak dapat keringanan pembayaran karena bukan yang disubsidi, jadi bayar biasa,” ujar Dita saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (4/4/2020).

Baca Juga:

Bantuan untuk Warga Miskin Baru Terdampak Covid-19 di Kabupaten Bandung Segera Didistribusikan

Mau Ajukan Keringanan atau Penundaan Kredit Kendaraan? Perhatikan Dulu 4 Hal Ini

Kartu Prakerja Siap Diluncurkan Minggu ini, Disnakertrans KBB Siapkan Ini

Dengan kata lain, Subsidi listrik gratis dan diskon tarif listrik hanya berlaku pada pelanggan kategori tertentu.

Ada dua kategori penerima subsidi token listrik gratis ini, di antaranya:

1. Pelanggan rumah tangga daya 450 VA (R1/450)

Untuk pelanggan yang menggunakan pembayaran rekening reguler (pascabayar) dikenai rekening listrik gratis dengan biaya pemakaian dan biaya beban.

Sementara, untuk pelanggan prabayar akan diberikan token gratis sebesar pemakaian bulan tertinggi dari pemakaian 3 bulan terakhir setiap bulannya.

2. Pelanggan rumah tangga daya 900 VA (R1/900)

Untuk pelanggan yang menggunakan pembayaran rekening reguler (pascabayar) dengan daya 900 VA akan dikenai subsidi atau dibayar 50 persen dari biaya pemakaian dan biaya beban.

Sementara, untuk pelanggan prabayar dengan daya 900 VA akan diberikan token gratis sebesar 50 persen yang dikalikan dengan pemakaian bulan tertinggi dari pemakaian 3 bulan terakhir.

gimana masih bingung nggak? boleh ko’ hubungi ke 123 jika kalian masih belum berhasil. selamat mencoba. (*)

Editor: Dhomz

Comment