by

Kartu Prakerja Siap Diluncurkan Minggu ini, Disnakertrans KBB Siapkan Ini

BandungKita.id, KBB – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung Barat melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Bandung Barat (KBB) siap menindaklanjuti program pemerintah yang disampaikan Presiden Joko Widodo terkait dampak Covid-19 tentang kartu prakerja yang rencananya akan mulai dibagikan minggu ini.

Untuk merealisasikan program tersebut, Disnakertrans KBB mengajukan permohonan data untuk diusulkan mendapatkan kartu peserta prakerja di Kabupaten Bandung Barat.

Kepala Disnakertrans KBB, Iing solihin MM, mengatakan pihaknya berdasarkan arahan Bupati KBB Aa Umbara Sutisna telah melakukan upaya percepatan untuk mendapatkan data dari beberapa Dinas di KBB, para kepala desa, Camat, Forum RW dan asosiasi pengusaha seperti diantaranya Apindo dan PHRI.

Bahkan untuk mempercepat pengumpulan data penerima kartu prakerja tersebut, pihaknya selama beberapa hari terakhir terpaksa kerja lembur di saat pegawai lainnya melaksanakan kerja dari rumah atau work from home (WFH).

Baca Juga:

Terkait Isu Virus Corona, Disnakertrans KBB Pantau 981 TKA Asal China di KBB

Jadi Pilot Project Nasional Pengurangan Angka Pengangguran, Disnakertrans KBB Siapkan Terobosan Berupa Aplikasi Pencari Kerja : Apa Saja Kelebihannya?

Soal Keluhan Karyawan Borma, Disnakertrans Jawa Barat Terjukan Bidang Hubungan Industrial Untuk Pendampingan

“Kami juga telah melayangkan surat pada tanggal 1 April kemarin dan kami tujukan kepada beberapa dinas dan camat, juga tidak lupa ke beberapa lembaga seperti Asosiasi dan perhimpunan hotel,” ujar Iing kepada BandungKita.id.

Gambar Louching program Kartu Prakerja (Instagram prakerja.go.id)

Data yang diusulkan untuk mendapatkan kartu prakerja, menurut Iing ada 3 klasifikasi.

“Pertama untuk pekerja informal, kedua untuk pelaku UMK (usaha mikro kecil) yang terdampak Covid-19, dan yang ketiga untuk pekerja yang mengalami PHK (pemutusan hubungan kerja),” bebernya.

Data yang Masuk Langsung Diinput dan Diupload

Sampai saat ini data yang diterima Disnakertrans KBB mencapai 62.761 orang.

“Saat ini data telah diterima oleh kita (Disnaker KBB) sebanyak 62.761 orang terdiri dari pekerja formal : 5.773 orang, data pekerja informal (pelaku/pekerja UMKM) dan data pencari kerja : 56.988 orang. Selebihnya pemerintahan pusat yang akan menentukan siapa saja yang akan menjadi peserta dan mendapatkan kartu prakerja itu,” jelas Iing. (Dona Hermawan/BandungKita.id)

Editor: Dhomz

Comment