by

Innalillahi….Mantan Panglima TNI Jenderal Purn Djoko Santoso Tutup Usia, Ini Profil Sang Jenderal

BandungKita.id, NASIONAL – Indonesia kembali berduka. Salah satu putra terbaiknya yakni mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Djoko Santoso dikabarkan meninggal dunia setelah dirawat di Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Soebroto Jakarta Pusat, Minggu (10/5/2020) pagi.

Dilansir dari kompas.com, almarhum tutup usia setelah dirawat beberapa hari karena mengalami pendarahan di otak.

Saat dikonfirmasi, Anggota Komisi III DPR RI dari Fraksi Gerindra Habiburokhman membenarkan informasi tersebut. Djoko, imbuhnya sempat menjalani operasi di RSPAD usai mengalami pendarahan di otak.

“Innalillahi wa innailaihi rajiun telah berpulang ke Rahmatullah Bapak Djoko Santoso bin Djoko Suyono,” kata Habiburokhman, Minggu (10/5/2020).

BACA JUGA :

Didi Kempot “The Godfather of Broken Heart” Meninggal Dunia

Suami BCL, Ashraf Sinclair Meninggal Dunia : Ucapan Duka dari Para Selebritis Mengalir

Pengusaha Properti Beken, Ciputra Meninggal Dunia di Singapura

Sebagai informasi, Djoko Santoso diketahui lahir di Solo pada 8 September 1952. Ia mengawali karier militer usai lulus dari pendidikan Akademi Militer (Akmil) di Magelang tahun 1975.

Ia pernah menduduki beberapa jabatan di militer yakni sebagai Wakil Asisten Sosial Politik untuk Kaster sekaligus Kasospol ABRI pada 1998. Ia juga pernah menjabat sebagai Pangdam XVI/Pattimura, serta Pangdam jaya. Pada 2003 ia menjadi wakil Kepala Staf TNI Angkatan darat.

Selanjutnya, Djoko menjabat sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD) pada 2005. Pada 2008, Djoko kemudian menjabat sebagai Panglima TNI menggantikan Djoko Suyanto.

Pada 2015 ia terjun ke dunia politik dengan bergabung dengan Partai Gerindra. Ia masuk dalam struktur Dewan Pembina. Pada pilpres 2019 lalu, Djoko Santoso ditunjuk sebagai Ketua Tim Pemenangan Prabowo-Sandi.

Selain di dunia politik Djoko Santoso pernah berkecimpung di dunia olahraga dengan menjabat sebagai Ketua PBSI periode 2008-2012. Djoko juga menjabat sebagai Ketua IPHI atau Ikatan Persaudaraa Haji Indonesia. (*)

Editor : M Zezen Zainal M

Comment